Sabtu, 26 Maret 2016

Dengan Ruangguru, Kita Bisa Belajar Apapun dari Siapapun

Foto bersama para punggawa Ruangguru.com dan KEB (doc: Ruangguru.com)

Saya suka dengan tagline yang dipakai oleh Ruangguru.com, makanya saya ingin mengabadikannya dalam judul tulisan ini. Tagline ini mengingatkan saya untuk terus menggali ilmu apapun dari siapapun, tanpa pernah merasa puas dengan apa yang sudah diraihnya, biarpun usia saya sudah tidak muda lagi. Ibaratnya kita belajar sejak dari dalam kandungan sampai ajal menjemput kita. Benar nggak? Tentunya saya akan belajar sesuai dengan kebutuhan saya. Yang penting saya ada kemauan dan semangat untuk belajar, niscaya jalan untuk mendapatkannya akan bisa kita peroleh.

Demikian juga bila anak saya mengalami kesulitan dalam belajar, sementara saya tidak bisa membantunya, karena ilmu saya sudah kadaluarsa atau memang saya yang tidak tahu. Maka dengan bergabung ke Ruangguru.com anak saya bisa terbantu, karena ada yang membimbingnya belajar, sebelum semangat dan mood belajar dia hilang. Saya akan menghubungkan anak saya ke ruangguru untuk bertanya secara online maupun dengan mencarikan guru privat ke rumah.

Hal ini membuat anak saya tidak kecapekan, karena dia bisa belajar dari rumah dan menanyakan apa yang dia tidak tahu bagaimana menyelesaikan soal-soal yang sulit, akhirnya dia bisa menyelesaikannya dengan mudah dan cepat. Sebagai orang ibu yang mempunyai anak dalam usia sekolah, adanya Ruangguru.com memberi angin segar bagi saya. Apalagi banyak pelajaran yang sudah tidak saya kuasai lagi.Yang jelas Ruangguru.com akan membuat anak saya bisa lebih berkonsentrasi dalam belajar, dibanding kalau anak saya ikut Bimbingan Belajar (Bimbel) yang sekarang tumbuh subur dimana-mana. Ups! maaf para guru-guru di Bimbingan Belajar, saya ingin anak saya bisa benar-benar belajar dan mendapat perhatian penuh one on one.

 Tampilan depa Ruangguru (do: Ruangguru.com)

Uniknya lagi di Ruanguru.com, siapa pun bisa menjadi guru atau murid. Ruangguru.com terbuka untuk calon guru dengan keahlian apapun dengan akses jangkauan di seluruh Indonesia. Jadi kita bisa berbagi ilmu dengan bergabung ke Ruangguru.com, baik sebagai guru privat online maupun offline. Asyik bukan? Untuk menjadi guru di Ruangguru.com, kita tidak harus memiliki pedidikan formal di bidang keguruan atau memiliki pengalaman bertahun-tahun mengajar. Akan tetapi yang masih baru pun bisa mengajar. Jadi kita bisa saling take and gave dalam proses belajar dan mengajar. Walaupun begitu calon muridlah yang akan menentukan siapa gurunya, sehingga bagaimana kita sebagai calon guru menampilkan diri dalam profil di website yang akan sangat menunjang potensi untuk dipilih.

Itulah hasil diskusi yang saya peroleh bersama teman-teman dari Komunitas Emak-emak Blogger dengan Ruangguru.com pada hari Rabu tanggal 23 Maret 2016 kemarin di Resto Omah Sendok, Jalan Mpu Sendok Senopati, Jakarta Selatan. Alhamdulillah saya bisa sampai di tempat sebelum acara dimulai. Perjalanan saya cukup lancar pagi itu. Kelebihan lainnya saya tidak nyasar kemana-mana, karena saya sudah melihat peta nya lebih dulu lewat mbah Google.

Rasanya senang saya bisa hadir dalam acara tersebut, walaupun saya sendiri agak gaptek dalam menggunakan Smarthphone. Maklum karena saya tidak terbiasa menggunakannya, jadi ketika diminta untuk download oleh Maketu (Emak Ketua KEB) tidak berhasil, ketika saya mau berangkat ke acara di pagi harinya. Untung saya bisa datang lebih awal, jadi saya bisa minta tolong pada mbak-mbak yang bekerja di Ruangguru.com untuk membantu saya download aplikasi Ruangguru. Ternyata tidak perlu waktu lama aplikasi Ruangguru sudah terdownload di hp saya, sebelum acara dimulai. 

Setelah itu saya sempatkan untuk melihat sana sini ruangan resto Omah Sendok yang cukup antik, karena ada kolam renangnya, sekaligus saya bisa temu kangen dengan mengobrol sama  teman-teman dari KEB. Tepat jam 10.30 am acara pun dimulai.

Sesi Acara #Kumpul Ruangguru.com dengan KEB

Iman, CEO dan Co-founder Ruangguru.com sedang memberikan 
presentasinya (doc: Ruangguru.com)

Acara #Kumpul Ruangguru.com bersama Komunitas Emak-emak Blogger dibuka oleh Edwin Chandra yang kemudian dilanjutkan dengan presentasi oleh CEO  and Co-founder Ruangguru.com, Iman Usman. 

Dalam presentasinya, Iman bercerita tentang pengalamannya bersama  Belva, Co-founder Ruangguru.com dalam mendirikan Ruangguru.com. Keterlibatan keduanya dalam pembangunan start-up dipicu oleh permasalahan yang dialami oleh Belva dan Iman seusai menempuh pendidikan S1.  Waktu itu Belva telah lulus dari Nanyang Technological University jurusan Bisnis dan Ilmu Komputer, dan Iman yang telah lulus dari Universitas Indonesia jurusan Hubungan Internasional. Sebelum mereka berdua kuliah S2 di Amerika Serikat, Iman dan Belva merasa sulit untuk mencari guru-guru privat berkualitas untuk persiapan test bahasa asing (GMAT, dan GRE).

Keduanya menemukan bahwa di Indonesia minim sekali informasi mengenai tutor tersebut. Kualitas tutor tidak terjamin dan yang paling menonjol adalah tidak adanya institusi yang menyediakan guru privat seperti yang mereka inginkan. Disitulah Belva dan Iman menemukan peluang besar. Mereka percaya bahwa kesulitan ini bukan hanya dialami oleh mereka berdua, tapi banyak pelajar di Indonesia, sehingga mereka berpikir untuk mengembangkan sebuah layanan pendidikan berbasis online untuk mencari guru privat yang berkualitas.

Akhirnya dirintislah Ruangguru.com oleh Belva dan Iman ketika mereka berdua sedang menempuh studi program S2 di Amerika Serikat. Belva sedang studi S2 dual degree di Harvard dan Standford University, sedangkan Iman sedang menempuh pendidikan S2 di Columbia University jurusan Pengembangan Pendidikan.  Belva sendiri sering terlibat kegiatan bisnis, dia pernah bekerja di Goldman Sachs dan McKinsey & Co sebelum menempuh pendidikan S2. Sementara Iman memiliki keterlibatan yang besar di dunia pendidikan . Ia sangat paham permasalahan dan peluang pemecahannya.

Dengan latar belakang tersebut membuat Iman Usman dan Adamas Belva berusaha menghadirkan Ruangguru.com, yaitu sebuah situs online yang menghubungkan calon murid untuk menemukan calon guru yang tepat. Tujuannya untuk menambah pelajaran di luar sekolah atau kampus serta mengembangkan keahlian tertentu. Sesuai dengan tagline diatas, "Belajar Apapun dari Siapapun", di dalam aplikasi Ruangguru.com kita dapat memilih  guru yang berkualitas dengan beragam latar belakang. Para guru ini siap untuk mengajarkan ke calon murid dengan beragam pelajaran atau keahlian, mulai dari tambahan pelajaran sekolah, bahasa asing, kesenian, olah raga maupun ketrampilan lainnya. Bahkan ada juga lho yang tertarik untuk belajar Yo-yo di Ruangguru.com, karena sebenarnya kita juga bisa memilih guru berdasarkan lokasi, mata pelajaran dan budget yang sesuai dengan kantong kita.


Inilah duo Co-founder Ruangguru.com (doc: komite.id)

Jadi pada prinsipnya pelajaran di Ruanguru.com bukan hanya fokus untuk memfasilitasi berbagai layanan pendidikan berbasis teknologi, seperti layanan tes.ruangguru.com untuk latihan soal-soal pelajaran yang diajarkan di jenjang pendidikan sekolah saja (TK, SD, SMP, SMA dan Universitas). Layanan tersebut memungkinkan para pelajar untuk mengakses ribuan soal yang disesuaikan dengan kurikulum pendidikan secara gratis. Tetapi layanan Ruangguru.com juga melayani persiapan Ujian Nasional (UN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN), atau pun tes standardisasi lainnya, seperti TOEFL, IELTS, GRE, GMAT. Total guru-guru yang sudah terregistrasi sampai acara kami berlangsung ada sekitar 27000 orang. Itulah sebabnya Ruangguru.com juga merupakan marketplace terbesar di Indonesia yang menghubungkan murid dengan guru-guru mereka untuk mempelajari berbagai pengetahuan dan ketrampilan khusus di luar sekolah/kampus.

Layanan ini dilengkapi dengan berbagai fitur learning analytics yang berfungsi untuk menganalisis data yang diperoleh dari latihan murid secara real time untuk memahami status dan perkembangan belajar murid dari waktu ke waktu, sehingga siswa dapat lebih fokus pada bidang yang mereka rasa masih lemah. Kedepannya layanan test.ruangguru.com  akan dikembangkan menjadi Learning Management System, sehingga bukan hanya dapat digunakan oleh murid untuk latihan soal dan persiapan ujian. Namun digunakan oleh guru dan sekolah untuk mengukur performa murid dalam belajar.

Platform tes.ruangguru juga telah menarik perhatian pemerintah, terbukti dari proyek resmi pertamanya bersama Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk membantu para guru sekolah negeri dan swasta untuk memersiapkan diri mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015. Selain itu, tes.ruangguru,com juga akan terus berkembang melalui kerjasama dengan universitas-universitas unggulan di Indonesia. Sebagai contoh, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia baru-baru ini memutuskan bekerjasama dengan tes.ruangguru.com untuk melaksanakan tryout online untuk ujian masuk universitas secara nasional. Walaupun dalam operasionalnya Ruangguru.com memang fokus pada penyediaan jasa guru privat berkualitas (online dan offline), konten persiapan ujian, serta sistem manajemen belajar terpadu.

Menariknya lagi Ruangguru.com sebagai start-up penyedia layanan pendidikan berbasis teknologi terkemuka di Indonesia, yang diluncurkan sejak Aril 2014  telah mendapatkan pendanaan awal dari East Ventures, yang fokus pada situs web konsumer serta startup mobile di Indonesia dan Singapura. Pendanaan itu berlangsung selama 1.5 tahun yang akan digunakan untuk pengembangan platform,  membayar gaji pegawai, divisi pemasaran dan lain-lain. Latar belakang dari pendidikan keduanya (duo co-founder) dan pengalaman kerja mereka dirasa menjadi magnet besar untuk mendapatkan pendanaan ini.

Untuk mendapatkan investor dalam bisnis memang kadang gampang-gampang susah, karena pertama banyaknya persaingan start-up dan yang kedua investor belum tahu produknya seperti apa. Sebuah start-up seringnya hanya terdiri dari pendirinya saja. Tetapi jejaring yang mereka berdua punya kebetulan sudah menjadi portfolio dari East Ventures. Dia (temannya) juga memiliki peran besar menghubungkan mereka dengan East Ventures.

Di samping itu Ruangguru.com juga telah meraih berbagi penghargaan di dalam negeri dan mancanegara, termasuk penghargaan Situs Pendidikan Terbaik di Indonsia dalam Bubu Awards 2015 dan Honorable Mention for Best Education Startup dalam KAIZEN 2016 di Dubai sebagai  situs penyedia guru privat.

Antuasiasme peserta mengikuti acara Kumpul Ruangguru bersama 
Komunitas Emak-emak Blogger (doc: Ruangguru.com)

Kami semua begitu antusias mendengarkan presentasi yang dibawakan oleh Iman, mengingat masing-masing dari kami mempunyai anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah. Tentunya kami mempunyai persoalan yang beragam dalam menghadapi berbagai persoalan pendidikan bagi anak-anak kami di rumah. Jadi wajarlah persoalan pendidikan adalah persoalan kita semua yang membutuhkan penyelesaian bersama.

Iman juga bercerita bahwa "seberapa canggih teknologi yang digunakan untuk proses belajar mengajar, peran guru tetap sangat penting bagi dunia pendidikan, makanya tidak dapat digantikan siapa pun." Di zaman digital sekarang ini, guru diharapkan bisa beradaptasi dengan menggunakan teknologi sebagai sarana belajar mengajar yang efektif.

Akhirnya Ruangguru.com juga sedang menjalin kerjasama dengan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah khususnya dalam upaya mengimplementasikan penggunaan tes.ruangguru.com dalam mendukung kegiatan belajar mengajar sehari-hari maupun pemetaan dan peningkatan kompetensi guru. Berbagai program untuk mendukung kegiatan ini antara lain Smart Educators Champion bagi para guru di sekolah formal dan Smart School Program bagi sekolah di berbagai daerah.

Tentang Mobile Aplikasi Ruangguru (Versi Beta)

Setelah presentasi Iman selesai, acara dilanjutkan dengan mencoba langsung aplikasi mobile Ruangguru di gadget kami masing-masing. Setiap kami menerima lembar soal untuk kemudian difoto contoh soal yang mau ditanyakan, kemudian mengirimkan foto tersebut hingga terhubung langsung dan siap berkonsultasi dengan para pengajar di Ruangguru.com.

Mobile Application Ruangguru adalah on-demand live tutoring mobile application dari Ruangguru.com yang memungkinkan murid terhubung secara langsung dengan guru dan berkonsultasi mengenai soal pelajaran yang dikerjakan secara cepat, mudah dan efektif, kapan pun dan di mana pun murid dan guru berada. Aplikasi mobile ini dikembangkan karena adanya kebutuhan para murid untuk memperoleh solusi belajar secara cepat, dan mudah,  tanpa dibatasi jarak dan waktu. Disamping itu para murid kadang sulit menemukan guru yang berkualitas kapan pun mereka membutuhkan. Namun saat ini aplikasi mobile Ruangguru masih dalam versi Beta dan sudah bisa didownload di Google Play Store.

4 langkah mudah menggunakan mobile aplikasi Ruangguru
 (doc: ruangguru.com)

Cara menggunakan mobile Aplikasi Ruangguru

1. Download aplikasi Ruangguru di Play Store. Selama masih uji coba terbatas untuk download dapat mendaftar melalui www.ruangguru.com/app
2. Foto dan unggah soal yang ingin ditanyakan dengan Mobile Application Ruangguru
3. Murid akan terhubung dengan guru pelajaran yang dibutuhkan
4. Komunikasi antara guru dan murid dapat dilakukan dengan text chat maupun audio call

Kelebihan Mobile Aplikasi Ruangguru:
1. Mudah digunakan, kapan pun dan di mana pun oleh murid
2. Guru-guru berkualitas dapat diakses secara online, setiap saat (selama masa uji coba dari pukul 08.00 hingga 23.00)
3. Murid dapat memberikan feedback untuk cara mengajar guru dan kinerja Ruangguru.com
4. Penggunaan aplikasi mobile Ruangguru GRATIS hingga 15 April 2016

Ini kesan saya ketika menggunakan mobile aplikasi Ruangguru versi Beta adalah setelah terhubung langsung dengan salah satu pengajar di Ruangguru.com yang bernama Wendy, saya tidak mendapatkan respon sampai acara selesai. Bahkan ada emak yang lain mendapatkan guru yang sama dengan saya, yaitu Wendy. Tapi asyik juga kalau kemarin bisa terhubung langsung, saya bisa bertanya. Saya bisa langsung ceritakan ke anak saya apabila mempunyai pertanyaan untuk Mathematika. Sekarang ini baru dua pelajaran yang kita bisa berhubungan langsung dengan para guru yaitu Mathematika dan bahasa Inggris. Kedepannya adalah pelajaran Fisika, Kimia, Mathematika dan Bahasa Inggris yang bisa ditanyakan langsung kepada para pengajar di Ruangguru.com

Saat ini memang mobile Aplikasi Ruangguru masih dalam tahap pengembangan (tahap uji coba terbatas, versi beta). Dalam waktu dekat, Mobile Application ini akan disempurnakan dan siap untuk diluncurkan ke publik.

Wajah-wajah ceria para pemenang lomba Instagram (doc: Ruangguru.com)

Setelah puas kami mencoba aplikasi mobile ruangguru, acara dilanjutkan dengan makan siang bersama. Kami pun menikmati hidangan yang sudah dipesan sambil mengobrol santai. Selesai makan siang, acara kemudian ditutup dengan menuliskan harapan untuk pendidikan di Indonesia sambil menunggu pengumuman pemenang kontest foto instagram. Bagi para pemenang seperti biasa akan memperoleh hadiah yang menarik dari penyelenggara, masing-masing memperoleh cash prize untuk berbelanja dari Ruangguru.com.

Selamat bagi para pemenang semua. Jangan lupa,  Yuk bergabung dengan Ruangguru.com baik sebagai murid buat anak-anak kita maupun kita sendiri yang akan menjadi guru dengan ketrampilan dan keahlian yang sudah  kita miliki tentunya.

Inilah peserta dari KEB yang ikut acara Kumpul dengan Ruangguru.com 
(doc: mbak Icha)

5 komentar:

  1. Iyap bener. Seberapa canggih pun cara belajar seseorang tetap dia akan membutuhkan seorang guru utk bisa membimbingnya

    BalasHapus
  2. Wah mbak Ade, itu aku banget. Sedikit-sedikit nanya, apalagi untuk suatu ilmu baru, kelihatan sekali kalau gaganya, hehehhe. Terima kasih ya, mbak Ade sudah mamir.

    BalasHapus
  3. Yeah ada mbak Tanti mampir.Terima kasih atas kunjungannya. Iya, tapi butuh waktu lama untuk nulisnya, maklum tangan masih belum terampil untuk ngetiknya, jadi nulisnya dicicil,hehehhe.

    BalasHapus
  4. Setuju, yang pasti jangan sampai salah sekolah tetap yang utama bimbel adalah belajar tambahan yang dilakukan diluar sekolah dengan materi atau kurikulum yang sesuai dengan sekolah masing-masing. Walaupun bimbel berbasis online bukan berarti semua materi atau metode pelajaran yang ada juga tanpa campur tangan guru, semuanya tetep harus seimbang. Terimakasih ruangguru keberadaanmu membuatku bisa belajar tanpa batas dengan siapapun dan dimanapun.

    BalasHapus