Sabtu, 13 Februari 2016

Peluang dan Tantangan Koperasi dan UKM dalam Bisnis E-commerce

Para Narasumber dalam acara Diskusi Bulanan (doc: pribadi)

Berbicara mengenai bisnis adalah salah satu topik kesukaan saya, karena disanalah saya bisa belajar banyak pengalaman, sepak terjang serta perjuangan seseorang dalam mengawali usahanya. Tidak peduli jenis bisnis yang digelutinya, baik offline maupun online, semuanya menarik untuk diamati lika-likunya.

Itu sebabnya ketika dulu saya diterima di Fakultas Ekonomi, almarhum Bapak saya tidak kaget. Walaupun sebenarnya hal itu bukan yang diinginkan oleh Bapak saya. Tapi beliau pun akhirnya memaklumi, karena saya diterima kuliah di tempat yang telah menjadi minat saya. Bahkan kalau dirunut ke belakang yang lebih jauh lagi, ternyata saya sudah memulai bisnis sejak masih duduk di bangku sekolah SD, yaitu dengan membuka bisnis kecil-kecilan, dengan berjualan permen dan peralatan sekolah yang berupa buku tulis, pensil, dan penghapus.

Jadi sebenarnya jiwa berbisnis sudah mendarah daging didalam benak saya. Makanya tidak aneh kalau saya begitu antusias dalam berbisnis. Cuma sayangnya bisnis saya belum /tidak bisa besar dan menggurita dengan berbagai cabang dan gerai dimana-mana, seperti layaknya suatu bisnis yang sukses. Mungkin belum saatnya, makanya saya masih terus mencari bisnis apa dan bagaimana mengelola suatu bisnis agar bisa menjadi tumbuh dan besar.

Disamping itu saya juga menginginkan suatu bisnis yang akan saya geluti dengan suka cita tanpa ada  rasa keterpaksaan dari dalam diri. Tapi benar-benar merupakan suatu kesenangan dalam menjalaninya dan yang bisa menghasilkan uang tentunya. Namanya saja binis, yaa harus bisa menghasilkan uang dan profit. Syukur kalau bisa banyak dan berlebih. Iya tidak?

Lain kalau saya bicara tentang kerja sosial, tentu orientasinya juga  lain. Disini rugi tidak menjadi soal, asalkan kemanfaatan yang dihasilkan bisa jauh lebih besar. Makanya ketika ada undangan untuk Diskusi Bulanan dari Kementrian Koperasi dan UKM bersama Forum Koperasi dan UKM, saya begitu antusias untuk ikut dan mencoba mendaftarnya. Karena saya berharap bisa belajar banyak dari Diskusi Bulanan ini dan siapa tahu saya pun bisa mengikuti jejak para entrepreneur yang sukses.

Acara diskusi bulanan ini bertemakan Peluang dan Tantangan Koperasi dan UKM dalam bisnis E-Commerce, diadakan di Auditorium Gedung Kementrian Koperasi dan UKM, lt. 2 Jalan Rasuna Said, Jakarta pada tanggal 9 Februari 2016. Sedangkan narasumber yang hadir pada acara tersebut adalah Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementrian Koperasi dan UKM, Wayan Dipta; Pengamat E-commerce ITB, Kun Wahyu Cahyantoro dan Co- Founder Bukalapak, Fajrin Rasyid dan dipandu oleh seorang Moderator Syarief Hasan Salampessy dari Kantor Berita RRI. Uniknya lagi acara ini dihadiri oleh pejabat pemerintah, wartawan, blogger/netizen, praktisi dan masyarakat.

Saya yang sudah menggeluti dunia bisnis offline dan online cukup lama, tentunya bukan suatu hal yang asing dengan bisnis e-commerce ini, karena produk yang saya perjualbelikan saya peroleh dari suatu bisnis online. Tapi lucunya semua pelanggan saya menghendaki pelayanan di offline storenya. Saya tidak tahu kenapa mereka lebih memilih offline, yang boleh dikatakan harganya jauh lebih mahal  dan lebih lama untuk mendapatkannya, daripada bila mereka membeli sendiri secara langsung online. Untungnya lagi mereka tidak harus pergi ke luar untuk berbelanja apa yang diinginkan.

Dari sinilah saya mengambil keuntungan dengan menjembatani bisnis online dengan pelanggan yang menyukai offline. Dengan cara ini, mereka bisa datang kapan saja ketika membutuhkan.Tidak jarang kalau mereka sedang males keluar, tinggal menelponnya lebih dahulu. Namun saya tidak suka dengan cara yang terakhir ini, karena pembelian mereka berarti secara kredit atau berhutang. Belum lagi saya mesti menagih atau mengingatkan untuk melunasinya, karena mereka kadang berpura-pura lupa. Pernah juga saya coba menyindir dengan membayar dimuka layaknya beli online yang harus mempunyai uang lebih dahulu, mereka lebih memilih untuk tidak melakukannya. Padahal dengan begitu, saya lebih enak dan perputaran uang pun menjadi lancar.

Ternyata tidak mudah untuk membangun suatu kebiasaan berbelanja dengan cash and carry (ada uang ada barang) bagi kita yang sudah saling mengenal. Lucunya, kenapa mereka bisa melakukan pembayaran dengan  cash (kontan), kalau berbelanja di toko-toko yang resmi?

Mungkin budaya kredit inilah yang sudah mendarah daging di banyak masyarakat kita dan mereka merasa sangat nyaman dengan kebiasaan itu. Padahal bagi pemilik usaha sebesar UKM, tindakan/perilaku mereka sangat merugikan, karena akan menghambat perputaran uang. Terus terang saya salah satu yang sangat menentangnya. Bagaimana mungkin suatu usaha/bisnis yang masih kecil, mereka (pelanggan) dengan mudahnya meminjam atau mengambil barang lebih dahulu. Sementara kalau mereka berbelanja di toko-toko atau mal, dengan entengnya menghabiskan uang tanpa pikir panjang dalam membayar nantinya. Inilah ironi perilaku banyak pelanggan pada UKM.

Kelebihan dengan bisnis secara online (e-commerce), permasalahan pembayaran secara langsung bisa diatasi, karena pembeli tidak mungkin akan menginginkan barang yang dikehendaki tanpa membayarnya lebih dahulu. Tidak hanya itu, pembeli pun harus membayar ongkos kirim, agar barangnya bisa sampai ke rumah. Dari segi pembayaran memang penjual terlindungi, karena uang akan diterima lebih dahulu dan sesuai dengan harganya. 

Namun kenapa masih banyak pelaku UKM atau pebisnis  yang belum mau atau ragu untuk terjun ke bisnis online? Co-founder Bukalapak.com, Fajrin Rasyid dalam diskusi bulanan memberikan tips, bagaimana kita bisa memulai usaha dengan modal yang minim.

Foto bersama para peserta diskusi yang hadir (doc: pribadi) 

Salah satu bisnis online yang bisa dijalankan dengan modal yang minim adalah dengan sistem Dropship. Apa itu dropship? Fajrin menjelaskan dalam diskusinya bahwa dengan sistem dropship ini,  kita berusaha menjualkan barang milik orang lain dengan menambahkan keuntungan pada hasil penjualannya.

Dengan demikian kita tidak perlu memiliki dan membeli barangnya lebih dahulu. Nanti kalau barang sudah terjual dan pembeli membayarnya, baru kita membeli barang tersebut. Sebagai contoh, kalau kita melihat ada barang yang disukai, misalnya  barang kerajinan, maka kita tinggal menghubungi pemiliknya boleh tidak kita menjual barangnya secara online. Tentunya dengan menaikkan harga  jualnya lebih dahulu. Nanti setelah ada yang order, baru kita mendapatkan keuntungan dari selisih penjualan tadi.

Cara ini bisa dilakukan sambil kita mengumpulkan dana/modal yang kita miliki. Kalau sudah terkumpul banyak, uang hasil penjualan tadi bisa dipakai untuk memulai usaha sendiri. Cara-cara seperti ini bisa dilakukan oleh mereka yang mempunyai modal terbatas.

Itulah alasan kenapa bisnis online disa dimulai dengan modal yang  tidak harus banyak. Asalkan kita mau berusaha pasti ada jalan untuk mengumpulkan modal yang dimilikinya. Cara-cara seperti ini sebenarnya bisa digunakan oleh para pemula yang mempunyai keinginan untuk berbisnis, tapi modal yang dimiliki tidak banyak. Dengan cara ini, mereka (pebisnis pemula) tidak perlu menbayar sewa toko, membuat display dan sebagainya.

Sebagai co-founder Bukalapak.com, Fajrin mengakui saat ini Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) bisa menjadi ancaman untuk pasar di Indonesia, terutama dalam bidang bisnis e-commerce atau perdagangan online. Hal ini karena 40% dari masyarakat ASEAN berada di Indonesia, maka ada kemungkinan Indonesia akan leluasa dibanjiri impor produk asing.. Mereka menilai kalau mau ekspor barang lebih baik ke Indonesia saja, karena pangsa pasarnya besar dibanding negara lain seperti Malaysia, Singapura, Laos atau Brunei. Dengan berlakunya MEA, ada kemungkinnan Indonesia akan leluasa dibanjiri impor produk asing.

Fajrin pun menilai kalau saat ini masih banyak pelaku usaha (UKM) terutama e-commerce yang belum mengenali pangsa pasar di dalam negeri, sehingga kita kerapkali kalah bersaing dengan produk luar. Belum lagi adanya dominasi produk asing yang lebih familiar dengan kebutuhan pasar masyarakat di Indonesia.

Itulah sebabnya Content is a King dalam e-commerce. Content disini adalah barang dagangannya.  Karena yang paling mengerti seharusnya kita sendiri, makanya sesama masyarakat Indonesia harus lebih familiar dengan kebutuhan pasar dibanding orang lain.

Namun demikian, dia masih yakin produk Indonesia bisa bersaing. Ini menjadi tantangan untuk kita semua dalam meningkakan pemasaran. Sebagai contoh produk furniture dan bawang goreng dari Palu yang dikenal enak dan  laku di pasaran, sudah tidak kalah bersaing.

Berikut Tips lainnya dalam mengelola bisnis online (e-commerce) menurut Fajrin Rasyid, co-founder Bukalapak.com:

Pertama, kenali kebiasaan pembeli sebelum melakukan transaksi jual beli via online melalui berbagai media internet. Inilah salah satu alasan kenapa kebanyakan dari pebisnis gugur dalam berbisnis online, karena tidak memerlakukan diri mereka sebagai pembeli.

Kedua, cantumkan dengan jelas produk yang akan ditawarkan, agar pembeli yang ingin berbelanja online bisa memperoleh barangnya dengan mudah. Hal ini penting karena pembeli tentu akan melakukan pencarian (search) dulu untuk bisa menemukan barang yang diinginkan. Untuk itu tulislah lengkap nama produknya, sehingga pembeli bisa menemukan produk yang diinginkan dengan mudah. Sebagai contoh, tulislah Kripik Pisang Fajrin akan mudah dicari dalam pencarian di internet dibanding kalau kita menuliskan produk hanya dengan Fajrin.

Ketiga, menetapkan harga yang wajar dan masuk akal. Hal ini karena kita bukan satu-satunya penjual yang menawarkan produk tersebut. Maka salah satu daya tarik agar barang kita diminati oleh pembeli adalah karena faktor harga yang wajar dan masuk akal. Lebih-lebih seorang pembeli yang sudah melakukan search di internet, biasanya sudah 50% ingin membeli produknya. Makanya kalau harganya cocok, peluang untuk terjual akan semakin besar.

Dengan harga yang wajar, diharapkan akan melipatgandakan pembeli  yang akhirnya meningkakan omset penjualan barangnya. Tentunya harga yang wajar harus diimbangi dengan kualitas yang bagus akan memberikan daya tarik tersendiri. Inilah yang dikenal dengan value added dan faktor kali (meningkatkan kualitas dan jumlah barang yang terjual).

Sementara Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementrian Koperasi dan UKM, Wayan Dipta  dalam diskusinya menjelaskan berbagai tantangan yang dihadapi oleh pelaku UKM. Dia mengatakan bahwa e-commerce akan membuka peluang bagi pelaku usaha untuk memasarkan produknya tanpa terbatas jarak dan wilayah. 


Untuk itu dia  meminta kepada pelaku UKM untuk beralih mempromosikan produknya dari konvensional marketing ke bisnis online. Sayangnya keterbatasan infrastruktur jaringan teknologi terhadap pelaku industri UKM masih menjadi kendala. Dengan cara marketing ini, para pelaku UKM bisa melakukan ekspansi dalam meluaskan pangsa pasar untuk produk-produknya.

Dia menambahkan tantangan e-commerce lainnya adalah soal knowledge para pelaku UKM dengan IT. Hal ini karena belum semua pelaku bisnis itu melek internet. Begitu juga dengan pemahaman terhadap bahasa asing, terutama dalam bahasa Inggris juga menjadi kendala bagi para pelaku UKM, sehingga mereka tidak bisa berinteraksi secara langsung dengan buyer dari luar (asing). Akibatnya para pelaku UKM harus melalui pihak lain dalam berinteraksi dengan pembeli dari luar negeri.

Kendala lainnya adalah soal keamanan sistem. Menurut Wayan, keamanan adalah prioritas dari seorang pembeli saat bertransaksi online. Beliau menekankan bahwa soal safety ini penting, kalau tidak ada safety maka kedua belah pihak, baik penjual atau pembeli bisa bermasalah. Untuk itu aturan transaksi e-commerce penting untuk diangkat supaya UKM paham.

Demikianlah sedikit ulasan dari diskusi bulanan Kementrian Koperasi dan UKM bersama para blogger/netizen, wartawan, para pejabat dll. Semoga ada kelanjutan langkah-langkah lainnya yang bisa membantu para pelaku UKM dalam menyiapkan diri dan bisnisnya untuk bersaing di kancah global. 

14 komentar:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Mia.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 JUTA) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan miss Sety yang saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia dia juga mendapat pinjaman dari Ibu Cynthia baru Anda juga dapat menghubungi dia melalui email nya: arissetymin@gmail.com Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  2. Saya ingin mengembalikan semua kemuliaan kepada Yang Maha Kuasa atas apa yang Dia gunakan untuk Ibu Rossa lakukan dalam hidup saya, nama saya Mira Binti Muhammad dari kota bandung di indonesia, saya adalah seorang janda dengan 2 anak, suami saya meninggal dalam kecelakaan mobil dan Sejak saat itu kehidupan menjadi sangat kejam bagi saya dan keluarga saya dan saya telah mencoba beberapa tahun untuk mendapatkan pinjaman dari bank-bank di Indonesia dan saya ditolak dan ditolak karena saya tidak memiliki agunan dan tidak dapat memperoleh pinjaman dari bank dan saya sangat sedih
    Pada hari yang penuh dedakan ini saat saya melewati internet, saya melihat kesaksian Annisa tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Ibu Rossa dan saya menghubungi dia untuk bertanya tentang perusahaan pinjaman ibu Rossa dan betapa benarnya pinjaman dari ibu Rossa dan dia mengatakan kepada saya itu benar dan saya menghubungi Ibu Rossa dan setelah mengajukan aplikasi pinjaman saya dan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 24 jam saya mendapatkan uang pinjaman saya di rekening bank saya dan ketika saya memeriksa rekening saya, uang pinjaman saya utuh dan saya sangat bahagia dan saya telah berjanji bahwa saya akan membantu untuk memberi kesaksian kepada orang lain tentang perusahaan pinjaman ibu rossa, jadi saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada siapa saja yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Rossa melalui email: rossastanleyloancompany@gmail.com dan Anda Bisa juga hubungi saya via email saya: mirabintimuhammed@gmail.com untuk informasi serta teman-teman Annisa Barkarya via email: annisaberkarya@gmail.com

    BalasHapus
  3. Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

    Detail Kontak Penuh:

    Perusahaan: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
    Email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
    BBM INVITES: {D8980E0B}
    : {4424AA}
    Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
    Website: {iskandarlestari.wordpress.com}

    TESTIMONI OLEH
    Penerima Manfaat: Angga Annisa
    Email: {anggaannisa1979@gmail.com}

    BalasHapus
  4. Semua terima kasih kepada mrs KARINA ROLAND untuk membantu saya dengan pinjaman saya selepas ditangkap oleh orang-orang palsu yang kerang menjadi peminjam pinjaman.
    Nama saya Annika amahle mokoena, saya dari Afrika Selatan dan saya tinggal di bandar Johannesburg. Suatu bulan yang lalu saya sedang mencari pinjaman dalam talian dan saya melihat pemberi pinjaman pinjaman yang berbeza di internet dan saya memohon dari mereka dan semua saya mendapat adalah penipu saya menggunakan lebih daripada 2 syarikat dan saya ditipu semua melalui. Jadi saya berputus asa sehingga saya memutuskan untuk memeriksa lagi jika saya akan mencari bantuan seperti yang saya cari dan saya menetap untuk mencari syarikat pinjaman legit saya jumpa syarikat ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY saya melihat banyak testimoni yang dimaklumkan oleh orang dia tetapi kerana saya ditipu secara serentak saya fikir ia adalah penipuan tetapi saya melakukan apa yang saya diminta lakukan dan saya menunggu untuk pinjaman saya dan Puan KARINA ROLAND memberitahu saya dalam masa kurang dari 24 jam anda dengan pinjaman saya dengan selamat saya tidak percaya sebab saya fikir ia juga satu penipuan sehingga hari itu adalah waktu malam di Afrika Selatan dan saya tidur pagi esok ketika saya bangun saya menerima amaran dari akaun bank saya dan segera saya memanggil pengurus bank saya untuk mengesahkan dan pengurus bank memberitahu saya untuk datang ke bank dengan serta-merta dan saya pergi dengan serta-merta ketika saya sampai di sana pengurus bank memeriksa akaun saya dan melihat sejumlah $ 127,000.00 USD yang Dolar Amerika Syarikat dan saya menjelaskan kepada pengurus saya bahawa saya memohon pinjaman dalam talian dan bank saya pengurus terkejut jika ada masih sebuah syarikat pinjaman sebenar dan legit online saya sangat gembira semua terima kasih kepada MRS KARINA ROLAND saya memutuskan untuk menulis di internet kerana saya melihat orang lain melakukannya dan memberi keterangan tentang syarikat ini sebabnya saya menghantar mesej ini secara online kepada sesiapa sahaja yang memerlukan pinjaman walaupun anda telah ditipu sebelum memohon dari syarikat ini dan yakinlah bahawa syarikat ini tidak akan membiarkan anda turun. Salam kepada sesiapa sahaja yang membaca mesej saya dan anda boleh menghubungi syarikat ini melalui pos (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp sahaja +13128721592, Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian ini, anda boleh menghubungi saya juga untuk lebih lanjut maklumat ..... annikaamahlemokoena@gmail.com

    BalasHapus
  5. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau memperluas bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman keras atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Maka khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali ke kami untuk negosiasi jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban keuangan. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pemohon:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Seks:
    5) Bekerja:
    6) Nomor Telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Penghasilan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Periode pinjaman:
    11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Salam Hormat

    BalasHapus

  6. Saya ROMDLONI, Dari PADANG, Bahasa Indonesia, saya di sini untuk memberikan kesaksian bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari PERUSAHAAN PINJAMAN GLORIA setelah saya mengajukan beberapa kali dari berbagai pemberi pinjaman yang berjanji untuk membantu tetapi mereka tidak pernah memberi saya pinjaman. Sampai seorang teman saya memperkenalkan saya kepada PERUSAHAAN Mrs. GLORIA yang berjanji untuk membantu saya dan memang dia melakukan apa yang dijanjikannya tanpa penundaan. Saya tidak pernah berpikir masih ada pemberi pinjaman yang dapat diandalkan sampai saya bertemu dengan Mrs. GLORIA'S yang memang membantu dengan pinjaman dan mengubah kepercayaan saya. Saya tidak tahu apakah Anda membutuhkan pinjaman yang asli dan mendesak, Silakan hubungi Mrs. GLORIA'S melalui Email: gloriasloancompany@gmail.com atau Layanan Pelanggan Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Anda juga dapat Menjangkau saya melalui email saya untuk menunjukkan lebih banyak bukti pinjaman saya dari perusahaan. Email: romdlonir@gmail.com {SAYA INGIN KAMU SEMUA TEMAN & KELUARGA TERBAIK}

    BalasHapus
  7. HARI BAIK SEMUA ORANG !!!

    Saya Puan Susan Logan, Kami menawarkan semua jenis bantuan kewangan kepada semua individu "pinjaman peribadi, pinjaman pelaburan, pinjaman rumah dan syarikat pinjaman di seluruh dunia, kadar faedah kami adalah 2% setahun. pelanggan dan pemohon kami Jika anda mempunyai projek yang baik atau ingin memulakan perniagaan dan memerlukan pinjaman untuk membiayainya dengan segera, kami boleh membincangkannya, menandatangani kontrak, dan kemudian membiayai projek atau perniagaan anda untuk anda bersama dengan Bank Dunia dan Bank perindustrian, sila hubungi kami dengan menghantar e-mel kepada kami di: (susanlogan1975@gmail.com)

    PERKHIDMATAN PERIHAL YANG TERMASUK TERMASUK:

    * Pinjaman komersial.
    * Pinjaman peribadi.
    * Pinjaman Perniagaan.
    * Pinjaman Pelaburan.
    * Pinjaman Pembangunan.
    * Pemerolehan Pinjaman.
    * Pinjaman pembinaan.
    * Pinjaman Kad Kredit
    * Pinjaman Penyatuan Hutang
    * Pinjaman perniagaan dan lain-lain:

    Puan SUSAN LOGAN
    WhatsApp atau Teks: (+ 14169078157)
    E-mel: (susanlogan1975@gmail.com)

    CATATAN; Kami menyediakan pinjaman tanpa faedah sebanyak 2%, jadi kami boleh mengatakan bahawa kami menyediakan PINJAMAN TANPA Jaminan, Anda tidak perlu merasa teruk atau kecewa dengan bank yang meminta cagaran

    Terima kasih dan salam mesra

    BalasHapus
  8. Nama ..... jayachandra fadhlan
    Negara .... indonesia
    W / S ......... + 62 821-3272-6591
    email ...... (jayachandrafadhlan@gmail.com)

    Nama saya jayachandra fadhlan,
    dari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk mempercayai orang. Terima kasih dengan hasil hasil jerih payah Anda, saya meminta pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang macet karena hutang. Saat saya mencari perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan itu adalah PERUSAHAAN PINJAMAN EKSOTIK. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan. Teman baik saya yang disetujui pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana MRS. KARINA bekerja sebagai manajer cabang, dan saya meminta pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka menyelesaikan meminta persetujuan saya, pinjaman yang disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya memperbolehkan, dan memungkinkan ini membuat saya kehilangan uang, tetapi saya terpana. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan bunga 2% tanpa Jaminan. Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. membahas tentang mode perusahaan. Jadi saya perlu semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk membeli MRS. KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +1(585)708-3478 .... Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda meminta informasi lebih lanjut melalui email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) atau whatsapp + 62 821-3272-6591, Terima kasih lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita dan memberi kita umur panjang dan sejahtera.

    Perusahaan ..... karina roland perusahaan pinjaman
    W / S ...... + 1 (585) -708-3478
    email ...... (karinarolandloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  9. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum
    Nama saya muhammad abdul
    Dari jakarta selatan indonesia
    email muhammadabdul5151@gmail.com
    nomor telepon +6285574670570
    nomor whatsapp +6285574670570
    Saya berterima kasih kepada ALLAH karena telah mengakhiri penderitaan saya melalui Anthony Yuliana Lenders, untuk beberapa waktu sekarang bisnis saya sedang turun dan saya telah mencari pinjaman besar untuk meningkatkan bisnis saya kembali ke kehidupan, saya telah ditipu berkali-kali semua berjanji pada saya untuk meminjamkan uang tetapi mereka selalu menipu dan berbohong kepada saya, sampai saya menemukan ibu yuliana dan memberi saya jumlah pinjaman sebesar Rp 1,3 miliar, saya hanya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman saya dan biaya transfer sebelum pinjaman saya ditransfer ke akun saya, bagi mereka yang mencari pinjaman harus berhati-hatilah karena 75% pinjaman online palsu, bagi mereka yang mencari pinjaman harus menghubungi Anthony Yulinana Pemberi Pinjaman adalah 100% pemberi pinjaman pinjaman online yang sah,
    anthony.yulianalenders@gmail.com
    whatsapp +13234026088

    BalasHapus
  11. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditur online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak untuk Ms. Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)
    Terima kasih semua.

    BalasHapus
  12. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  13. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau memperluas bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman keras atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Maka khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali ke kami untuk negosiasi jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban keuangan. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pemohon:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Seks:
    5) Bekerja:
    6) Nomor Telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Penghasilan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Periode pinjaman:
    11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Salam Hormat

    BalasHapus
  14. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus