Rabu, 07 Maret 2018

Ayo Jadikan Sarapan yang Baik dan Sehat sebagai Kebutuhan

Foto bersama Penulis buku dan petinggi Nestle setelah peluncuran buku 
"Mitos dan Fakta Sarapan" (docpri)

Saya termasuk salah satu anak yang beruntung karena orang tua sudah membiasakan anak-anaknya untuk sarapan sehat sejak kecil. Tidak peduli hari itu hari libur atau harus masuk sekolah. Semua anak-anaknya harus sarapan setiap pagi. Bisa dibayangkan kalau saya tidak sarapan. Pasti badan akan terasa lemas, pusing, susah berkonsentrasi, karena perut keroncongan dan tidak bertenaga. Mungkin sarapan kami tidak selengkap seperti menu makan siang. Tapi yang jelas bergizi, bersih dan sehat, karena makanan olahan sendiri di rumah
Jadi sarapan pagi di rumah sebagai sarana kebersamaan dalam keluarga kami. Semua ikut sarapan. Kebiasaan ini terus saya lanjutkan hingga sekarang saya berkeluarga. Saya membiasakan anak saya untuk sarapan sejak kecil. Saya mencoba menyiapkan sarapan yang sehat dan bergizi tentunya. Karena saya tahu sarapan bisa meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan anak serta menanamkan kebiasaan disiplin.

Diskusi dari para nara sumber pada acara PESAN (docpri)

Ternyata kebiasaan kami yang sudah bertahun-tahun, kini diapresiasi sebagai Pekan Sarapan Nasional (PESAN) yang diperingati setiap tanggal 14-20 Februari. Untuk PESAN ini, Nestle menggelar kampanye Ayo Bangun Indonesia yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2017 dengan tema Healthy Portion Plate.

Program ini merupakan bentuk komitmen Nestle untuk terus mendukung masyarakat Indonesia menerapkan perilaku sarapan sehat dan bergizi seimbang. Serta gaya hidup aktif dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif.

Sedangkan untuk penyelenggaraan Ayo Bangun Indonesia pada tahun 2018,  bertemakan Nestle Breakfast Box sebagai solusi praktis bagi keluarga Indonesia dalam menerapkan sarapan sehat dengan gizi seimbang.


Antusiasme peserta mengikuti acara PESAN 2018 (docpri)

Untuk mendorong masyarakat menerapkan kebiasaan sarapan sehat, Nestle menggelar kampanye Ayo Bangun Indonesia 2018 menghadirkan berbagai program edukasi sarapan yang bisa diakses melalui situs Sahabat Nestle, seperti artikel, tips, resep sarapan sehat dan live chat bersama para ahli.

Beruntung saya bisa hadir pada perayaan PESAN 2018 yang diadakan oleh Nestle pada tanggal 4 Maret 2018 lalu bersamaan dengan acara Car Free Day. Acara ini diselenggarakan di halaman parkir Sarinah dipenuhi dengan tingginya antusiasme para peserta yang hadir. Saya yang baru pertama kali datang pada acara PESAN, sempat bingung karena ramainya peserta yang turut memeriahkan acara ini.

Hadir juga pada acara PESAN 2018 Prof Dr Ir Hardinsyah, seorang ahli nutrisi dan ketua PERGIZI Pangan Indonesia yang menjadi salah satu pembicara dalam sesi bincang-bincang Ayo Bangun Indonesia 2018. Beliau memaparkan bahwa masih banyaknya penduduk Indonesia yang tidak terbiasa sarapan. Disamping itu kualitas sarapan yang dikonsumsi, seperti kandungan energi, protein, vitamin dan mineralnya juga masih belum memenuhi kebutuhan gizi seimbang.

Kotak Sarapan Nasi Goreng (docpri)

Hal ini terlihat pada data tahun 2012 menunjukkan bahwa 17-59% siswa sekolah dan remaja, serta 30,2% wanita dewasa tidak terbiasa sarapan. Namun dia juga menjelaskan kebiasaan sarapan di kalangan siswa sekolah dasar di Indonesia semakin meningkat selama 5 tahun terakhir ini.

Tentu berita ini cukup menggembirakan karena ada peningkatan pencapaian bagi selutuh pihak yang terlibat dalam gerakan PESAN, karena semakin banyak keluarga Indonesia yang mendapatkan manfaat dari sarapan. Diantaranya adalah meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan anak, menanamkan kebiasaan disiplin, mempertahankan status gizi normal hingga menurunkan risiko kejadian beberapa penyakit tidak menular, seperti diabetes, penyakit jantung koroner dan stroke.

Sedangkan kalau kita melewatkan sarapan mempunyai efek dapat mengganggu produktivitas karena tubuh cepat lelah, tidak berenergi, susah berkonsentrasi serta meningkatkan risiko naiknya berat badan.

Peluncuran buku Mitos dan Fakta Sarapan karya Prof Dr Hardinsyah (docpri)

Hal lain yang dilakukan pada penyelenggaraan Ayo Bangun Indonesia 2018 adalah peluncuran buku "Mitos & Fakta Sarapan" yang disusun oleh PERGIZI PANGAN Indonesia bekerja sama dengan Nestle Indonesia. Buku tersebut bisa diunduh di www.sahabatnestle.co.id mulai tanggal 7 Maret 2018. Isinya mengulas sarapan dari berbagai sisi, mulai dari waktu yang tepat untuk sarapan, menu yang direkomendasikan untuk sarapan hingga hubungan sarapan dengan berat badan.

Semua rangkaian kegiatan yang dilakukan Nestle dalam kegiatan Ayo Bangun Indonesia ini merupakan wujud komitmen untuk senantiasa meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih sehat.


Sahabat Nestle flier (doc: SahabatNestle.co.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar