Rabu, 09 Mei 2018

Melongok Berbagai Komitmen Danone Indonesia terhadap Karyawannya

Inilah Event yang para Blogger hadiri Discovering Talent Management @Danone
(docpri)

Suatu kebahagiaan tersendiri saya diundang sebagai salah satu peserta dalam acara Discovering Talent Management at Danone pada tanggal 8 Mei 2018 yang lalu. Hal ini membuat saya menjadi lebih mengenal bagaimana bentuk komitmen Danone Indonesia terhadap karyawannya. Selama ini saya mengenal Danone hanya sebatas suatu perusahaan yang memproduksi air mineral Aqua, SGM Exlpore dan VIT. 

Padahal Danone adalah salah satu perusahaan multinasional yang bergerak dalam bidang makanan dan minuman terbesar di dunia yang memiliki misi memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang dan beroperasi di 160 negara dengan jumlah karyawan lebih dari 100.000 di seluruh dunia.


Wow! that's amazing. Saya jadi teringat sewaktu tinggal di Amerika ada yoghurt dengan merk Danone. Apakah yoghurt itu salah satu produknya? Mungkin juga!. Maka benarlah kata pepatah, Tak kenal maka tak sayang. Oleh karena itu Danone Group di Indonesia berkomitmen untuk menciptakan lingkungan dan suasana kerja yang ramah dan ramah keluarga  

Arif Mujahidin sedang memberikan presentasinya (doc: DancommunityID)

Hal ini penting karena keberhasilan manajemen tidak bisa lepas dari salah satu faktor dalam pengelolaan sumber daya manusia. Dalam hal ini Danone AQUA menerapkan Talent Management atau Manajemen Bakat. Dengan talent management diharapkan karyawan dapat mengembangkan keahlian dan profesionalitasnya, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan.

Arif Mujahidin sebagai Corporate Communication Director Danone Indonesia dalam memberikan presentasinya mengatakan sebagai perusahaan yang berkomitmen untuk membawa kesehatan melalui makanan, maka misi Danone ingin dapat memberikan dampak positif kepada sebanyak mungkin orang dari segala usia, lingkungan sosial & budaya yang berbeda, serta karyawan Danone itu sendiri.

Evan Indrawijaya selaku HR Direktor Danone ELN sedang memberikan 
presentasinya (doc: Dancommunity)

Hal ini karena kami percaya talent management adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan bagi lebih dari 15000 karyawan Danone Indonesia agar mereka dapat terus berkontribusi membawa misi  ke lingkungan sekitar mereka.

Berikut  bentuk talent management yang dilakukan oleh Danone Indonesia kepada karyawannya:

1. Jaguar Program adalah program memberikan kesempatan bagi karyawannya yang berada di tingkat manajer untuk terlibat dalam proses antar negara

2. Endeavor Program yaitu program pengembangan karyawan untuk menduduki posisi manager

3. International Assignment adalah program mengirimkan karyawan  Danone Indonesia ke Perusahaan Danone di negara lain, untuk mendapatkan pengalaman internasional. Dengan  pengalaman dalam international management, diharapkan karyawan dapat membangun karirnya di lingkup yang lebih luas.

4. Talent Assessment and development adalah  melakukan penilaian dan mapping seluruh karyawan Danone Indonesia untuk memastikan talent yang dimiliki sesuai dengan standard yang ditetapkan oleh Danone secara Global, untuk kemudian dikalibrasi oleh talent committee di tingkat departemen, business unit dan negara (cluster)

5. Management Trainee: ialah program percepatan jalur karir bagi para fresh graduate untuk menjadi pimpinan perusahaan, dimana mereka akan mendapatkan pelatihan, dukungan pengembangan diri dan terlibat dalam proyek-proyek menantang.

Success Story dari program Management Trainee sedang memberikan testimoninya
(docpri)

Untuk program MT ini hampir setiap tahunnya Danone merekrut sekitar 60 Management Trainee dari universitas terbaik dari dalam maupun luar negeri dengan penempatan di departemen yang berbeda. Tahun lalu jumlah pelamar mencapai 40.000 dan jumlah ini terus meningkat setiap tahunnya. 

Selain Talent Management, Danone Indonesia juga berkomitmen untuk mendorong karyawan perempuannya agar bisa berkarir cemerlang. Namun tetap dapat memperhatikan kesejahteraan keluarganya. Hal ini dibuktikan dengan Parental Policy yang dikeluarkan dalam bentuk cuti melahirkan selama 6 bulan bagi karyawan wanita dan cuti 10 hari bagi karyawan laki-laki yang istrinya sedang melahirkan. 

Aih seandainya saya kerja di Danone Indonesia, pasti Danone merupakan tempat kerja yang sangat  menyenangkan. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Evan Indrawijaya selaku HR Direktor Danone ELN Indonesia, bahwa Danone menyadari 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) adalah masa kemasan anak. 

Agar mereka tumbuh optimal, maka Danone mengeluarkan Parental Policy untuk mendukung upaya pemenuhan hak perempuan dan anak atas pengasuhan dan tumbuh kembang yang baik dan sebagai upaya mendukung kualitas generasi Indonesia di masa depan.

Bentuk dukungan lainnya yang diberikan Danone Indonesia kepada karyawan perempuan adalah upaya membangun budaya keberagaman inklusif (Inclusive Diversity), yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah representasi perempuan di tingkat direktur hingga presiden direktur untuk memimpin bisnis Danone Indonesia.

Corine Tap selaku President Direktur PT Tirta Investama 
 (doc: Dancommunity)

Menarik sekali apa yang diungkapkan oleh Corine Trap - Presiden direktur PT Tirta Investama  (Danone - AQUA). Bagi saya posisi dia sekarang menjadi bukti bahwa Danone AQUA memberikan kepercayaan dan dukungan kepada perempuan untuk mengembangkan karir sebagai Presiden Direktur. 

Dia mengatakan bahwa keberagaman merupakan bagian dari budaya perusahaan karena Danone percaya bahwa latar belakang karyawan yang beragam dapat mendorong organisasi untuk lebih maju dan sehat. Di Danone Indonesia kesempatan untuk berkembang tidaklah terbatas pada jenis kelamin baik pria maupun wanita. 

Berbeda dengan Gustavo Hildenbrand, General Manager Nutricia Sarihusada dalam memberikan sambutannya, dia mengatakan bahwa  dengan dukungan dan bimbingan, karyawan Danone dapat bertanggung jawab untuk membentuk karir mereka sendiri dan berkontribusi terhadap kinerja bisnis. Selain itu dia juga menyadari bahwa karyawan yang bergabung di Danone memiliki tujuan lebih daripada sekedar bekerja, yaitu untuk belajar dan berkontribusi pada dunia yang lebih sehat.


Gustavo Hilderbrand, selaku General Manager Nutricia Sarihusada 
memberikan presentasinya (dokpri)

Dia berharap dengan apa yang Danone telah lakukan dapat menginsipirasi karyawan untuk terus berkontribusi pada dunia yang lebih sehat serta berdampak juga kepada masyarakat luas.

Demikian tulisan singkat dari acara Discovering Talent Management at Danone Indonesia. Barangkali  ada yang sedang berminat kerja di Danone Indonesia, mereka bisa mencoba Lowongan pekerjaan di Danone Indonesia. 

Tentunya Anda bisa mendaftar Lowongan Management Trainee di Danone Indonesia bagi para fresh Graduate maupun Professional jobs in FMCG, bagi mereka yang sudah bekerja. Berikut link yang bisa diakses untuk lowongan kerja www.dancommunity.com

Kami berfoto bersama dengan salah satu nara sumber Gustavo Hilderbrand
 (doc: DancommunityID)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar