Sabtu, 18 Mei 2019

Cerdas dalam Memilih Air Minum Dalam Kemasan (AMDK)


Hidrasi Sehat Peran Air Bagi Tubuh (Doc:@sehatQUA/twitter.com)
Kita mungkin sering merasakan lelah dan berpikir rasanya mau sakit. Padahal anggapan ini belum tentu benar. Bisa jadi kita hanya kehausan karena kurangnya asupan air dalam tubuh alias dehidrasi. Hal ini karena tubuh sangat membutuhkan air agar tetap sehat. Makanya tidak salah kalau ada anggapan bahwa air adalah investasi kesehatan sepanjang masa.
Saya setuju dengan ungkapan ini, karena memang saya suka minum air. Apa pasal? Karena saya suka naik publik transport (bus TransJakarta), mau tidak mau harus banyak jalan naik turun halte. Untuk mengimbanginya saya harus banyak minum air. Itu sebabnya saya sering bawa tumbler berisi air sebagai upaya pendegahan dari dehidrasi.
Dengan demikian kesehatan yang kita miliki saat ini, bukan hanya ditentukan oleh apa yang kita makan, melainkan juga oleh apa yang kita minum. Sama seperti planet bumi yang sebagian besar terdiri dari air, tubuh kita juga mayoritas dibangun oleh air. Inilah sebabnya mengapa air sangat menentukan derajat kesehatan kita.
Tanpa air makhluk hidup tidak akan tumbuh dan berkembang. Begitu juga tanpa air  seluruh kegiatan manusia tidak dapat berlangsung dan tidak mungkin mencapai kesejahteraanya. Hal ini karena tidak ada satu pun reaksi kimia dalam tubuh dapat berlangsung tanpa adanya air.
Itu sebabnya air menjadi salah satu zat makro esensial dan berperan penting dalam fungsi fisiologis tubuh, karena berbagai organ dalam tubuh seperti ginjal, otak, dan otot mengandung 70 persen hingga 80 persen air dan kurang lebih 50 persen sampai 60 persen tubuh manusia tersusun dari air. Oleh karenanya, hidrasi atau pemenuhan kebutuhan cairan tubuh menjadi hal penting yang harus diperhatikan sebab dapat berpengaruh terhadap kesehatan, kebugaran, serta kinerja seseorang.
Kenapa air dinyatakan esensial bagi tubuh? Karena tubuh kita tidak dapat menghasilkan air untuk memenuhi kebutuhannya. Mau tidak mau air harus didatangkan dari luar tubuh dengan memberikan asupan air yang cukup. Sayangnya air seringkali terlupakan sebagai zat gizi yang penting bagi tubuh dan membiarkan tubuh kehausan.
dr Nurul sedang memberikan presentasinya (doc: pribadi)
Ketua Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr Nurul Ratna Mutu Manikam, dalam #Hydrationtalk pada acara konferensi pers dan diskusi ’Mengenal Jenis dan Manfaat Air Minum dalam Kemasan di Indonesia di  Hermitage Hotel, Jakarta pada  tanggal 14 Mei, 2019, mengatakan, hidrasi atau pemenuhan kebutuhan cairan tubuh harus diperhatikan sebab akan berpengaruh terhadap kesehatan, kebugaran, serta kinerja seseorang.
Untuk itu minum air yang cukup sangatlah penting untuk keseimbangan pengaturan proses biokimia, pengatur suhu, pelarut, pembentuk sel, pelumas sendi dan bantalan organ tubuh, media transportasi zat energi dan sisa metabolisme. Dengan demikian, air membantu tubuh menggunakan nutrisi secara lebih efektif, demikian ungkap dr Nurul Ratna Mutu Manikam, di Jakarta, Selasa (14/5/2019)
Disarankan untuk minum air delapan gelas sehari. Ini untuk mencegah dehidrasi atau ketidakseimbangan kebutuhan cairan tubuh yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Jangka pendek, misalnya penurunan konsentrasi, kelelahan dan sembelit. Jangka panjang bisa menyebabkan gangguan ginjal, seperti batu ginjal, dan penyakit ginjal kronis. Juga bisa menyebabkan infeksi saluran kemih atau pun risiko kegemukan.
Kidneys Love Water (doc: @sehatAQUA/Twitter)

Disamping itu adanya perkembangan teknologi pengolahan air memungkinkan makin banyak pilihan bagi masyarakat terhadap berbagai produk air minum dalam kemasan (AMDK). Namun, tidak semua air yang bisa diakses di pasaran baik untuk kesehatan. Masyarakat diminta cerdas memilih produk air minum yang aman dan sehat. Disamping itu masyarakat diminta untuk tidak begitu saja mempercayai iklan atau kampanye yang mengklaim sebuah produk air minum bisa mengobati penyakit.
Hal ini diungkapkan oleh Dokter spesialis gizi klinik sekaligus Ketua Indonesian Hydration Working Group, Diana Sunardi, dalam #Hydrationtalk mengatakan tidak semua ragam jenis AMDK baik dikonsumsi oleh tubuh manusia. Sebab khasiat minuman tersebut masih membutuhkan uji ilmiah.
Padahal pemahaman yang ada di tengah masyarakat bahwa air dengan pH tinggi dapat menstabilkan kadar pH tubuh, menangani tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi, serta mencegah penyakit kanker, ternyata hingga saat ini klaim tersebut masih perlu dibuktikan secara ilmiah. Dengan kata lain, manfaat lebih dari produk air yang dimaksudkan belum terbukti secara ilmiah, misalnya untuk detoksifikasi, menyembuhkan kanker, tumor, dan lain-lain.
"Untuk jenis air demineral, air dengan pH tinggi, maupun air dengan tambahan kandungan oksigen, masih memerlukan dukungan kajian ilmiah lebih lanjut untuk mengetahui bahwa jenis-jenis air tersebut dapat memberikan manfaat kesehatan lain, misalnya detoksifikasi, menyembuhkan kanker, tumor dan sebagainya,”.
Diana juga mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh, AMDK menjadi salah satu pilihan masyarakat. Dengan banyaknya jenis yang dijual di pasaran saat ini, tidak banyak masyarakat yang memahami perbedaan dan manfaat pada setiap jenisnya. AMDK merupakan produk yang diatur secara ekstensif karena mempunyai peran yang sangat penting dalam kesehatan masyarakat.
Dari berbagai jenis air minum yang dipasarkan di Indonesia, ada empat jenis yang selalu jadi perhatian, yaitu air mineral, air demineral, air oksigen dan air alkali (pH tinggi). Keempat jenis air minum tersebut memiliki karakteristik yang berbeda.
Penting diingat bahwa dalam memilih air minum untuk memenuhi hidrasi sehat, mengonsumsi air mineral biasa saja sudah cukup bermanfaat untuk mendukung upaya menjaga kesehatan tubuh, tandas dr Diana.
Air Mineral merupakan AMDK paling mudah ditemukan di pasaran. Air mineral mengandung mineral-mineral dalam jumlah tertentu tanpa menambahkan mineral, sesuai dengan yang diatur dalam SNI yang berlaku. Dalam air mineral terdapat kandungan natrium, kalsium, zinc, florida, magnesium, kalium, dan silica yang dibutuhkan oleh tubuh.
Diana mengatakan, AMDK yang layak dikonsumsi memiliki kemasan atau botol bersih, label dan tanggal kedaluwarsa jelas, serta kode produksi sama pada bagian tutup dan botolnya. Sebelum diminum, juga dipastikan air kemasan tersebut berkualitas baik, yaitu tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa sebelum diminum, dan pastinya tidak mengandung bahan berbahaya.
Narasumber dalam #Hydrationtalk (doc: pribadi)
Pada kesempatan yang sama, Hydration Science Director PT Tirta Investama (Danone-AQUA), dr Tria Rosemiarti turut menjelaskan bahwa Danone-AQUA terus berkomitmen bersama berbagai pihak, termasuk bersama dengan IHWG dan Universitas Indonesia, serta mengajak pula beberapa universitas lain di Indonesia untuk terus memberikan edukasi dalam membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebiasaan minum air yang sehat di Indonesia.
"Kami selalu berusaha memberikan kebaikan air kepada masyarakat dengan menyediakan hidrasi sehat sekaligus memelihara keberlangsungan alam," tutup dr Tria Rosemiarti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar