Minggu, 21 Juli 2019

Koboy Kampus - Film Indie yang Menggelitik dan Kocak

Foto bersama sebelum nobar dimulai (doc: ISB)


Film #KoboyKampus menceritakan kehidupan pribadi Pidi Baiq semasa dia kuliah di Fakultas Seni Rupa dan Design, Institut Teknologi Bandung (ITB) pada era 1990 an. Ketika itu mahasiswa sedang bergejolak karena pemerintahan Orde Baru.

Berbeda dengan mahasiswa lainnya yang mengeluarkan aspirasi dengan turun ke jalan alias demo. Pidi Baiq dan kawan-kawan koboy kampusnya membuat kumpulan yang disebut negara The Panasdalam, sebagai salah satu cara mengkritisi pemerintah order baru lewat berkarya.

Karya Pidi Baiq memang sudah menjadi perhatian publik, apalagi dengan novelnya yang diadaptasi ke film "Dilan 1990". Nah kali ini karya Pidi Baiq kembali akan menghiasi perfilman di Indonesia yakni "Koboy Kampus". Acara Press Screening yang dihadiri oleh tim produksi bersama seluruh cast diadakan pada tanggal 18 Juli 2019 di Epicentrum, Jakarta Selatan.

Film ini kocak dan seru, cocok untuk ditonton bagi mereka yang masih kuliah ataupun yang sudah lulus. Apalagi penggemar Pidi Baiq, si penulis Dilan. Apalagi mahasiwa ITB dan Unpad wajib nonton, sekaligus buat nostalgia.

Undangan Press Screening 

Saat Press Screening Koboy Kampus berlangsung (dokpri)

Film ini terasa nostlagia dengan kehidupan kampus bagi mereka yang sudah lulus. Bahkan bagi yang belum lama wisuda, film ini bisa bikin kangen kembali ke kampus. Selain itu saya teringat kembali akan masa-masa lalu seperti telepon umum yang masih pakai koin, wartel maupun fashion dan gaya dari mahasiswa yang dikenakannya.

Film ini disutradarai sendiri oleh Pidi Baiq dan Tubagus Deddy. Sedangkan produksinya oleh MNC Pictures bersama dengan 69 Production dengan menghadirkan sederet bintang-bintang kece. Seperti Jason Ranti, Ricky Harun, Bhisma Karisma, Steffi Zamora, Ratu Vienny dan lainnya akan tayang di seluruh bioskop di Indonesia pada tanggal 25 Juli 2019.

Maksud dari Koboy Kampus sebenarnya adalah kisah beberapa kawan Pidi Baiq yang di drop out (DO) karena lebih suka ngoboy daripada melaksanakan kuliah. Menurutnya (Pidi Baiq) yang dimaksud dengan koboy kampus adalah mahasiswa yang betah menunda kelulusan serta lebih banyak bermain di lingkungan kampus.


Hal ini karena masa kuliah zaman dulu masa kadaluarsa kuliahnyanya ada yang sampai 14 tahun, dengan minimal 7 tahun. Jadi mereka punya banyak waktu dan kesempatan untuk bermain-main di kampus selain kuliah.

Istilah Koboy Kampus ini muncul dari lagu berjudul sama yang diciptakan band The Panas Dalam yang dibentuk oleh Pidi dan kawankawannya. Lagu Koboy Kampus cukup dikenal oleh para mahasiswa ITB dan kebanyakan mahasiwa yang menyandang koboy kampus adalah penduduk The Panas Dalam yang pada tahun 1995.

Masih penasaran dengan film #KoboyKampus ini dan ingin segera menontonnya? Dicek dulu dengan Official trailer film Koboy Kampus ini dari Youtube. Ajak juga teman-temannya yang dulu atau kakak alumni biar bisa menonton bareng dan sekaligus bernostalgia dengan kekonyolan yang pernah dilakukannya.

Saya sendiri  memang anak yang lugu, jadi serius belajar. Paling ke rumah teman yaa untuk berdiskusi tentang pelajaran yang saya kurang jelas atau paham. Melihat film ini kaget juga wow! nggak mengira ada sisi lain dari dunia kampus yang lepas saya perhatikan.

Trailer Koboy Kampus (Doc: Youtube)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar