Minggu, 04 Agustus 2019

Tips & Triks Menata Rumah dan Ruang Kerja agar Nyaman dan lebih Produktif

Indonesia Properti Expo 2019 (dokpri)

Seneng saya bisa hadir pada acara Talkshow Serba-serbi Menata Rumah di ajang Indonesian Properti Expo (IPEX) / IPEX2019 di Jakarta Convention Center pada tanggal 31 Juli 2019 yang lalu. Sayangnya saya tidak sempat mengunjungi stand yang ada, karena keterbatasan waktu. Namun saya bisa mengeceknya lewat media social IPEX yaitu https://www.instagram.com/indonesiapropertiexpo/

Apalagi para agents yang ikut buka stand di IPEX dengan sigap memberikan brosur kepada saya. ketika saya melewati stand mereka. Anggapan mereka tentunya saya akan melihat kembali brosur-brosur yang sudah saya terima kapan saja. Yup, setuju!!

Tanpa mengurangi kerja keras mereka yang sudah berbagi, saya pun iseng-iseng melihat kembali brosur-brosur yang sudah saya peroleh dan menimbang-nimbang harganya yang sesuai dengan keinginan dan budget yang ada. Aih! impian saya terus mengawang dan mengatakan "One day I will have one of those houses"

Kembali kepada acara talkshow Serba-serbi Menata Rumah, acara ini dibawakan oleh nara sumber Adelya Vivin dan Zata Ligouw dengan moderator Ani Bertha.

Narasumber talkshow Serba-serbi Menata Rumah dan moderator 
(dokpri)

Memiliki sebuah rumah merupakan impian bagi banyak orang. Apalagi bagi kelas menengah ke bawah, memiliki sebuah rumah merupakan sebuah prestasi dalam kehidupannya. Tidak peduli besar atau kecilnya rumah yang mereka miliki, yang penting mereka sudah memilikinya termasuk yang minimalis. 

Sedangkan bagi mereka kelas menengah ke atas, kebutuhan akan rumah mungkin sudah yang kedua atau ketiga sebagai bagian dari investasi mereka. Untuk itu pencarian rumah yang minimalis pun mulai disiasati agar terasa tidak sumpek


Menata Rumah Minimalis Ala Adelya Vivin

Adel sedang memberikan presentasinya (dokpri)

Adel, sapaan dari Adelya bercerita kalau dia dulunya suka ke kedai kopi karena memang sudah kecanduan. Namun dia menyadari kalau terus menerus ke Kedai kopi tidak bagus bagi kantongnya. Maka dia menginginkan rumahnya dibongkar dan disulap mirip dengan kedai kopi yang menjadi kesukaannya. Akhirnya impian itu pun terwujud dengan mengotak atik rumahnya. Apalagi dia seorang interior designer, jadi tidak ada halangan yang berarti untuk mewujudkannya.

Layaknya kedai kopi favoritnya, kini rumah Adel dan suami didesain dengan simple dan dipulas dengan warna putih yang terlihat nyaman dan asri, seperti ungkapan dia "Small Space living." Menurutnya hidup di ruang kecil membutuhkan gaya hidup yang di sederhanakan, karena lebih sedikit ruang untuk barang tambahan.

Slide presentasi Adel (dokpri)

Nampak rumah Adel terkesan simple, bersih dan tertata yang didominasi oleh warna putih, hitam dan abu-abu. Padahal rumah Adel terbilang mungil hanya seluas 33 m2 dan satu lantai. Terdiri dari ruang tamu plus ruang keluarga, kamar utama, kamar anak, dapur, area makan dan kamar mandi. Ternyata ukuran itu tidak menjadi masalah bagi dia dan suami untuk menciptakan hunian yang nyaman.

Salah satu yang ditekankan oleh Adel adalah kita perlu memiliki lemari penyimpanan barang di rumah minimalis. Untuk penyimpanan barang dia memberikan contoh seperti yang dia lakukan untuk rumahnya. Adel menggunakan furniture dengan konsep open storage sebagai rak penyimpanan bumbu-bumbu dapurdan koleksi piring. Hal ini karena dia terinspirasi oleh coffee shop kesukaannya. 

Oleh karena itu, dia berpesan untuk menata rumah disesuaikan dengan kegemaran kita sendiri. Begitu juga dengan furniture dan aksesoris rumah disesuaikan dengan tone warna cat dan tema design interior rumah. Bisa mengikuti Modern Japanese, Scandinavian, Bohemian, French Country dan Rustic.

Berbagai styles dalam menata rumah (dokpri)

Tip nya lagi, dia menyarankan untuk warna cat bagi rumah minimalis sebaiknya menggunakan warna terang, karena akan memberikan kesan lapang pada rumah yang mungil. Sedangkan untuk penerangan sebaiknya menggunakan penerangan alami/natural dari alam, bisa dengan sky light. Namun bila ingin menggunakan pencahayaan dari lampu dan akan memperindah ruangan, maka belilah standing lamp, pendant lamp atau perfect lighting wall lamp. Ditambah lagi jangan lupa menghadirkan tanaman di dalam rumah agar terlihat asri


Menata Ruang Kerja di Rumah ala Zata Ligouw

Zata sedang memberikan presentasinya (dokpri)

Saya suka dengan ajakan Zata dalam menata ruang kerja kita yaitu dengan menekankan apa yang ada pada kita. Hal itu dia lakukan karena pada awalnya dia juga tidak mempunyai ruang khusus. Maka dia pun membuat ruang kerja di pojok-pojok ruangan dengan meja kerja seadanya.

Zata juga menyarankan dalam presentasinya bahwa ruang kerja yang baik adalah tempat dimana kita merasa begitu privasi dan memberikan rasa itu kepada keluarganya. Dia bahkan mengungkapkan kalau anaknya pun memahami ketika dia sedang berada di ruang kerja, maka mereka tidak akan terlalu mengganggunya.

Namun Zata mengungkapkan bahwa presentasinya itu diambil dari apa yang pernah dia tulis dalam blog nya yang kemudian mengantarkan dia menjadi juara dalam lomba Blog yang diadakan oleh Casio dan menghadiahkan dia jalan-jalan ke Jepang. Judul dari tulisan dalam blog tersebut 7 Little Things to Boost my Mood and Productivity.

Slide presentasi dari Zata (dokpri)

Berikut Tips dan Trik dalam menata ruang kerja:

1. Check your color - pilihlah warna yang kita sukai. Tentunya masing-masing mempunyai selera sendiri-sendiri. Dalam hal ini Zata's favorit color is pink. Saya sendiri suka warna Biru

2. Appealing Working Desk - buatlah meja senyaman mungkin karena buat kita bekerja. Perlu juga dengan menambah pernak-pernik cantik jika dibutuhkan untuk menambah semangat kita bekerja

3. Colorful Stationary - hiasilah meja kita dengan alat-alat tulis yang lucu-lucu dan warna warni


Menghiasi meja dengan alat tulis yang berwarna warni (dokpri)

4. Music - Gunakanlah atau manfaatkanlah music sebagai teman kerja, biar tidak bosan

5. Mood Board - hiasilah meja atau dinding tempat kita bekerja dengan hiasan, kata-kata atau gambar yang memberikan mood kita bertambah semangat

6. Cute Plants - meletakkan tanaman juga bisa meningkatkan daya ingat, produktivitas, mengurangi stress, meningkatkan mood dan konsentrasi. Bahkan ruangan yang bernuansa natural bisa meningkatkan akurasi yang lebih tinggi daripada pekerjaan yang dilakukan di tempat yang tidak memiliki unsur natural

Disamping itu pengaruh tanaman di dalam ruang kerja dapat membantu menstimulasi indera dan pikiran, meningkatkan kesadaran mental serta performa dalam kerja.

Manfaat menaruh tanaman di ruang kerja (dokpri)

7. Healthy Snacks - kalau bisa pilihlah camilan yang sehat dan mengenyangkan, seperti buah-buahan, kacang-kacang, dried fruit, almond, dll. Dan usahakan diletakkan di sudut meja, agar kita tidak perlu keluar ruangan tempat kita kerja selain pergi ke toilet atau kamar mandi saja. Jadi bisa menghemat waktu.

Yang terakhir ini saya banget. Sering dalam bekerja mendadak perut lapar, terus masih nyari-nyari apa masih ada camilan yang tersisa, heheheheh.

Wah, bermanfaat sekali tips dan triks yang sudah dipaparkan selama talkshow ini. Sekarang tinggal menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, agar semangat dan produktivitasnya meningkat yang berujung pada pundi-pundi juga bertambah, aamiin.

Terima kasih,

Para pemenang Live Twitt berfoto dengan nara sumber (dokpri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar