Senin, 27 November 2017

Gaya Hidup Sehat Bekal Pensiun Nikmat

Ilustrasi Gaya Hidup Sehat (doc: http://www.tipshidupsehatalami.com)

Terus terang saya suka dengan judul ini. Ternyata tidak sia-sia mereka yang mempunyai gaya hidup sehat. Syukur-syukur bisa memulainya sejak dini (awal). Bisa dibayangkan berapa nilai potensial dana yang diperoleh nanti di saat pensiun atau sesudahnya? Sementara penghasilan kita setelah pensiun jelas sudah sangat berkurang. 

Kalau kita tidak menabung dari awal dengan gaya hidup sehat, pasti pengeluaran akan bengkak. Sayangnya pengeluaran itu buat biaya ke dokter  atau rumah sakit untuk berobat. Bukan dipakai buat senang-senang atau jalan-jalan dan kegiatan yang bermanfaat lainnya. Bagaimana bisa?
Justru pada usia pensiun dan sesudahnya, banyak orang yang terkena penyakit jantung atau penyakit degeneratif lainnya. Penyakit ini diyakini menjadi penyakit pembunuh utama di dunia saat ini. Itu sebabnya banyak imbauan agar kita mau merobah gaya hidup yang tidak sehat. Diharapkan risiko terkena penyakit jantung dan penyakit degeneratif lainnya bisa dikurangi. 

Berbagai tindakan tersebut misalnya dengan mengurangi konsumsi minuman berkadar gula tinggi, diganti dengan banyak minum air putih. Konsumsi junk food diganti dengan makanan rumahan dengan memperbanyak sayur dan buah-buahan. Begitu juga dengan mengurangi konsumsi rokok maupun alkohol yang jelas-jelas tidak sehat? 

Dengan demikian resiko membutuhkan biaya kesehatan yang besar akibat penyakit degeneratif pun akan rendah. Bisa dihitung berapa rupiah yang bisa kita sisihkan untuk investasi masa depan. Hanya dengan tindakan mengurangi atau menghindari konsumsi tersebut. Apalagi kalau kita bisa memulainya sejak masih muda. Katakanlah pada usia 30 an. Tinggal dikalikan saja jumlahnya.  Banyak sekali bukan? Tentunya kita semua berharap untuk tidak membebani orang lain nantinya?

Akhirnya semua kembali kepada kita masing-masing. Mau tindakan  mana yang hendak kita lakukan. Hal ini karena pada akhirnya kitalah yang akan merasakan pahit dan manisnya dari buah tindakan yang kita tanam.


Ilustrasi Pola hidup sehat (doc: http://batumartaclicker.blogspot.co.id) 


Yuk kita mulai dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat! Banyak manfaat yang bisa kita nikmati di masa depan nanti. Tanpa kita perlu membuang kenikmatan di masa sekarang.  Tetaplah  jaga kesehatan jasmani, rohani dan finansial kita. Dan jangan lupa lakukan check up secara teratur untuk ketiganya.

Setuju!!

1 komentar:

  1. Thanks infonya menarik banget. Oiya ngomongin pensiun, ternyata ada loh sejumlah negara yang diklaim cocok banget buat disambangi saat masa masa pensiun. Katanya sih disana suasananya eksotis banget. Cek ulasannya disini ya: Wah, 5 Negara ini Cocok Banget buat Kamu Kunjungi di Masa Pensiun Nanti!

    BalasHapus