Sabtu, 17 Desember 2016

Let's Beat Diabetes

Berbagai tindakan untuk mencegah diabetes (doc: Healthub.sg)

Berhubung saya bukan seorang dokter, jadi saya hanya bisa sekedar berbagi dari beberapa informasi yang saya peroleh pada acara Seminar Nasional tentang Diabetes yang bertema "Eye on Diabetes" pada tanggal 19 November 2016 yang lalu. Kebetulan saya hadir, makanya saya dapat beberapa informasi yang mungkin bisa dibagikan.

Informasi ini saya peroleh dari Pro Sehat, yang merupakan Aplikasi Kesehatan Indonesia. ProSehat ini bersama Kementrian Kesehatan RI mendukung Hari Diabetes Sedunia. Saya sengaja bukukan informasi ini sebagai self-reminder agar selalu ingat dan waspada dengan penyakit ini. Apalagi saya sering lupa kalau tidak dituliskan kembali dan disimpan.


 Ada 9 Fakta Penting untuk melawan Diabetes:

1. Sejak 2014 sekitar 9% penduduk dunia diatas usia 18 tahun menderita diabetes
2. Sedangkan pada tahun 2012 ada 1,5 juta orang meninggal dunia karena diabetes.
3. Diabetes ini penyebab utama kegagalan ginjal
4. Komplikasi diabetes bisa berupa gangguan jantung, mata, ginjal, dan saraf.
5. Diabetes meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke sebanyak 2x lipat
6. 1% angka kebutaan global diakibatkan oleh diabetes retinopati
7. Padahal diabetes dapat dicegah dengan cara:
            a. Pertahankan berat badan seimbang berdasarkan BMI
            b. Olahraga 30 menit per hari dengan intensitas sedang
            c. Makan 35 porsi buah/hari, dan hindari asupan tinggi garam, gula dan lemak tak jenuh
            d. Stop merokok

8. Semngat jalani pengobatan
            a. Jalani pengobatan sesuai anjuran dokter, apakah dengan obat oral dan/atau insulin
            b. Atur pola makan, dan ikuti anjuran dokter untuk obat minum yang dikombinasikan dengan obat  
                oral dan/atau insulin
 
9. Hindari Komplikasi Diabetes
            a. Perawatan kaki untuk hindari luka diabetes
            b. Menjaga kadar kolesterol darah normal
            c. Skrinning rutin untuk fungsi ginjal dan kesehatan mata

Untuk itu diagnosa lah lebih awal untuk cegah komplikasi penyakit diabetes dan segeralah periksa gula darah Anda.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar