Minggu, 08 Maret 2015

Awas Berbagai Penipuan Lewat SMS Mengintai Kelalaian Kita

Ilustrasi untuk suatu Penipuan (doc: bbb.org)
 
Sudah berkali-kali saya menerima sms dari orang tak dikenal yang isinya aneh bin lucu. Kenapa saya bilang begitu? Karena tidak ada angin dan hujan, tiba-tiba pesan dari sms nya seolah-olah saya sudah membuat perjanjian atau kontrak dengan si pengirim. Ujung-ujungnya, si pengirim meminta sayaa untuk mengirim uang. Mana saya maulah. Lha wong saya sendiri tidak akan  membuat janji atau kontrak baru apap pun, karena selamai ini semua pembelian saya dalam bentuk cash alias tunai. Jadi saya pun tidak pernah mengindahkan berbagai bentuk sms yang masuk.

Mau me-reply sms saja saya tidak berminat, apalagi mau kirim uangnya. Takut nomer saya malah disimpan atau pulsa saya kepotong banyak. Sekedar berjaga-jaga untuk hal-hal yang tidak diinginkan atau lebih parah lagi efeknya. Entahlah saya sudah begitu trauma dengan berbagai penipuan, karena sudah seringnya ditipu dengan berbagai cara. Mungkin karena keluguan saya, sehingga membuat mereka (si penipu) mudah mengelabuhinya atau menghipnotisnya.

Makanya saya pun sadar untuk tidak membalas sms dari orang yang tidak dikenal, baik itu yang isinya berupa kabar gembira atau berita yang seolah-olah saya sudah membuat perjanjian atau kontrak. Semua saya diamkan saja, kadang malah langsung saya delete biar tidak membuat mata saya sepet dan mengotori pikiran.

Itu yang biasa saya lakukan dengan berbagai sms masuk dari nomer yang tidak dikenal. Bagaimana menurut Anda? dan apa yang seringnya Anda lakukan dengan adanya sms masuk dari nomer yang tidak dalam daftar database.  

Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar