Kamis, 05 Maret 2015

Ealah Anak Kecil Sudah Suka Berbohong?

  Ilustrasi Mengenai Bohong (doc: billycsangel.blogspot.com)

Kejadian ini barusan terjadi di warung kami. Ceritanya memang sepele, tapi bagiku benar-benar sudah trampil dia dalam bersilat lidah. Entahlah, bagiku itu aneh. Anak kecil masih ukuran SD sudah mau berbohong. Siapakah yang mengajari dia?

Untunglah aku sudah menghitung uangnya lebih dahulu. Jadi aku benar-benar tahu kalau uang yang aku        terima sudah benar. Anehnya dia berpura-pura tidak bersalah, kalau uang yang diberikan itu berlebih. Makanya dia minta uang kembaliannya. Aha! mau ngerjain orang tua. Padahal uang itu sudah dihitung sebelumnya dan kebetulan saja uang yang aku terima terpisah dengan uangku sebelumnya. Jadi tidak ada alasan kalau dia mau minta lebih. Bahkan aku sedikit memarahinya, karena dia mau berbohong. Bagaimana mungkin? Uangnya saja sudah pas (bener), eh dia pura-pura mau minta uang kembalian.


Aku terus berpesan kepada anakku, untuk menghitung dulu setiap uang yang diterima. Biar tidak mudah dibohongi atau berpura-pura minta kembalian, sementara uangnya saja pas. Ada-ada saja modus yang mau dipakai untuk menangkap mangsa atau orang yang lalai. Semakin lama semakin membuat kita harus lebih berhati-hati dalam setiap langkah, karena ada saja cara yang mau dipakai oleh kelalaian kita.Semua itu untuk diambil kesempatan dalam kesemptitan.

Semoga kita semua terhindar dari berbagai penipuan, apa pun modus yang hendak digunakan. Namun, kita perlu waspada setiap saat  dalam melangkah, karena sedikit kita lalai. Mangsa akan segera datang di depan kita dengan berbagai bentuknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar