Minggu, 08 Maret 2015

Ternyata Memelihara Hewan Kesayangan Membuat Kita Sehat dan Happy

 Kucing-kucing Lucu (doc: lensza.co.id) 

Membaca tulisan di Kompas.com tentang Pelihara Anjing dan Kucing Bikin Sehat dan Happy,   membuat saya merasa senang dan tentunya menambah semangat untuk terus mencintainya. Apa pasal?, karena anak saya sayangnya bukan main sama kucing. Mau tidak mau saya ikutan mencintainya. Saking sayangnya anak saya sama  kucing, terkadang dia tidak segan-segannya memandikan kucing-kucing yang kami kalau bulu-bulunya kelihatan kotor. Dari situlah saya  akhirnya ikutan mencintainya.

Dulu sewaktu saya masih kecil, orang tua saya juga memeliharanya. Namun kedekatan saya sama binatang peliharaan (kucing) hanya sebatas memberi makan saja. Sekarang ini jauh lebih dekat, karena saya kadang menggendongnya, mengajak dia belanja ke warung, mengajak dia jalan-jalan pagi walaupun sering ngambek atau protes di tengah jalan dan minta pulang, heheheh.
Itulah sebabnya biar pun tetangga saya benar-benar tidak suka sama kucing, kami tetap tidak bergeming. Eh sekarang saya baru tahu setelah membaca tulisan itu, ternyata memelihara hewan kesayangan memberikan banyak manfaatnya. Alhamdulillah, jadi tidak sia-sia apa yang selama ini kami lakukan.
 
Konon dalam tulisan tersebut menyebutkan bahwa memelihara binatang kesayangan (anjing atau kucing) adalah baik bagi kesehatan maupun jiwa kita.

Ada beberapa alasan atau pertimbangan kenapa seseorang memelihara binatang di rumah: Berikut 11 manfaat yang bisa saya rangkum apabila seseorang memiliki hewan peliharaan.

1. Membantu meningkatkan harga diri seseorang
Seseorang yang memiliki hewan peliharaan akan memiliki rasa harga diri yang tinggi dibanding yang tidak memelihara hewan. Hal ini berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Personality and Social Psychology. Pemilik hewan peliharaan juga dinilai lebih ekstrovert daripada orang yang tidak memiliki hewan peliharaan.

2. Mengurangi risiko alergi dan Mendongkrak sistem imunitas tubuh
 Sebuah studi menunjukkan, jika sejak kecil sudah mengenal hewan peliharaan, maka risiko alergi pada hewan pun akan berkurang. Mereka akan menjadi lebih kebal terhadap alergi hewan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada orang dewasa, mereka yang memiliki hewan peliharaan di rumah sejak masih bayi , sekitar 50 persen lebih kecil berisiko terkena alergi terhadap hewan.

Namun untuk mendapatkan manfaat tersebut harus dimulai sejak kecil. Menurut University of Wisconsin’s School of Medicine and Public Health, bayi baru lahir dengan kehadiran anjing peliharaan di dalam rumah cenderung jarang mengalami alergi. Bahkan anak yang lahir dalam keluarga yang memiliki anjing peliharaan, 15 persen jarang mengalami dermatitis.
3. Mengurangi pikiran negatif
Kehadiran hewan peliharaan juga dipercaya mampu membuat pemiliknya lebih berpikiran positif. Dalam sebuah penelitian terhadap  97 pemilik hewan peliharaan, mereka yang berpikir tentang hewan peliharaannya  akan tetap berpikir poaitif, meskipun baru saja mengalami hal buruk dalam kehidupan sosialnya

4. Menghilangkan rasa kesepian
Tak dapat dipungkiri bahwa kehadiran hewan peliharaan bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa kesepian. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang memelihara anjing, kebutuhan sosialnya dipenuhi sama seperti halnya memiliki banyak teman. Berdasarkan penelitian itu, keberadaan anjing bisa sangat bermakna dan dapat membuat pemiliknya merasa lebih dihargai.

Penelitian juga menunjukkan bahwa terapi hewan bisa membuat perasaan seseorang menjadi lebih baik. Hal ini terlihat ketika para pelajar di negara bagian Idaho yang kesepian dibawakan anjing terlatih bernama Sophie untuk bermain, perasan negatif mereka menurun. Disebutkan bahwa rasa kesepian dan kecemasan turun hingga 60 persen. 
Sementara penelitian lain menunjukkan mereka yang memiliki binatang peliharaan mempunyai perasaan memiliki yang lebih besar, dapat mengatasi penolakan, dan secara keseluruhan lebih bahagia serta lebih sehat dibandingkan dengan yang tidak memiliki hewan peliharaan.

5. Memberikan dukungan
Sebagai hewan, mereka memang tidak bisa memberikan dukungan seperti manusia. Namun, keberadaan hewan peliharaan kerap membuat pemiliknya merasa diberi dukungan oleh hewan tersebut. Sebuah studi menunjukkan bahwa pemilik hewan merasa mendapat dukungan dari hewan peliharaan sama seperti yang mereka dapatkan dari anggota keluarganya

6. Membuat seseorang lebih aktif bergerak
Hewan seperti anjing dan kucing sering kali ingin bermanja dengan pemiliknya dan meminta perhatian. Hewan-hewan ini bisa sangat lincah dan aktif untuk mengajak kita bermain. Sehingga kita menjadi lebih banyak bergerak dan tak hanya berdiam duduk di sofa rumah. Kita juga bisa mengajak anjing peliharaan jalan-jalan ke luar rumah atau berolahraga sambil ditemani hewan kesayangan, sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan membuat suasana hati menjadi lebih baik.  

National Institutes of Health menyebutkan pemilik anjing cenderung untuk lebih banyak berolah raga. Studi yang melibatkan 2.000 orang menunjukkan, mereka yang memiliki anjing akan mengajaknya berjalan-jalan sehingga pemiliknya lebih bugar dan jarang yang gemuk. Sementara itu, sudi lain menunjukkan bahwa pemilik anjing yang secara rutin mengajak hewannya jalan-jalan, bergerak lebih cepat dan lebih lama.

7. Membantu mengurangi stres
Hewan peliharaan sering bertingkah lucu dan wajah mereka pun menggemaskan. Hal ini bisa membuat pemiliknya tertawa sehingga mengurangi stres, sehingga hewan peliharaan bisa lebih menghibur ketika stres. Karena hewan-hewan ini tidak akan menghakimi kita dan mereka bertingkah lucu tanpa dibuat-buat. Bahkan seorang ahli binatang, Arden Moore mengatakan, bahwa dengan hanya membelai seekor anjing maupun kucing bisa membantu mengurangi stres.

Penelitian yang dilakukan oleh Virginia Commonwealth University terhadap karyawan yang membawa anjingnya ke tempat kerja, menunjukkan penurunan tingkat stres dan seperempat dari mereka mengalami peningkatan produktivitas.

Para peneliti juga mencatat bahwa pekerja yang tidak memiliki anjing peliharaan, tetap memperoleh manfaat positif saat teman sekerjanya membawa binatang tersebut. Setidaknya, mereka bisa membawa anjing rekannya untuk berjalan-jalan sehingga menambah aktivitas fisik sekaligus memberi efek positif dalam bersosialisasi antara rekan sekerja. 

8. Membuat pemiliknya lebih menarik perhatian
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa adanya hewan peliharaan juatru dapat meningkatkan hubungan antar manusia menjadi lebih baik. Bahkan, berjalan-jalan dengan hewan kesayangan membuat pemilik hewan menjadi lebih menarik bagi orang lain, terutama sesama pencinta hewan. Hewan peliharaan pun dapat menjadi bahan pembicaraan awal ketika ada seseorang yang ingin berkenalan dengan pemiliknya.

9. Menurunkan tekanan darah
Memiliki hewan peliharaan ternyata dapat membantu kita menurunkan tekanan darah atau tensi. Hmmm, bagus juga nih!. Sementara konsumsi obat-obatan sendiri dinilai tidak terlalu efektif mengurangi tekanan darah tinggi akibat rasa tegang dan stres dibanding dengan adanya hewan peliharaan.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian terhadap sekelompok orang yang tengah stres. Peneliti memberikan setengah dari mereka hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Sisanya, dibiarkan tinggal tanpa hewan peliharaan.

Hasilnya, mereka yang tinggal bersama hewan peliharaan, tekanan darahnya menjadi lebih stabil daripada yang tidak. Tentunya untuk memelihara hewan, pastikan kebersihannya selalu terjaga agar hewan juga terhindar dari penyakit. 

10. Baik untuk jantung
Menurut penelitian kecil menunjukkan pemilik hewan peliharaan memiliki kadar kolesterol dan trigliserida lebih rendah. Risiko penyakit jantung mereka juga lebih rendah. 

Kucing terutama, menjadi hewan peliharaan yang baik bagi jantung. Para periset di University of Minnesota menjumpai risiko kematian dari serangan jantung 40 persen lebih tinggi pada mereka yang tidak pernah memiliki kucing. 
11. Mental lebih sehat
Studi yang sama juga menunjukkan, para pemilik hewan lebih sehat secara psikologis. Mereka lebih gembira, sehat, dan mampu beradaptasi dengan lingkungan lebih baik, dibandingkan dengan bukan pemilik hewan. Disamping itu membawa hewan peliharaan berjalan-jalan atau mengikuti komunitas pecinta binatang juga membuat kita mendapat banyak teman baru.

****

Wow! ternyata luar biasa banyak manfaatnya. Selama ini saya tidak pernah memikirkan tentang manfaat yang kamiperoleh dari memelihara hewan, kecuali satu yang pernah saya dengar adalah memelihara kucing itu membawa berkah tersendiri bagi pemiliknya. Itu saja yang saya pegang teguh, makanya kami masih bertahan untuk tetap memeliharanya.

Bagaimana menurut Anda, kawan?  Silakan dishare pengalaman dan opini yang Anda miliki selama ini.


Sumber:

Pelihara Anjing dan Kucing Bikin Sehat dan Happy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar