Selasa, 15 Desember 2015

Aplikasi Mobil123.com sebagai Solusi Terbaik bagi Konsumen yang Memiliki Mobilitas Sangat Tinggi

Saat acara Talk Show peluncuran aplikasi Mobil123.com  
(doc:mobil123.com)

Saya mungkin termasuk salah seorang yang kurang informasi mengenai website mobil123.com. Ternyata situs ini berisi iklan jual beli mobil. Selama ini yang saya tahu iklan jual beli  mobil adalah lewat media cetak, iklan di TV maupun dengan menempelkan sehelai kertas yang bertuliskan DIJUAL. Sedangkan informasi selebihnya mengenai leasing  kendaraan, saya peroleh dari karyawan yang bekerja di ACC (Astra Credit Companies). 

Kebetulan kantornya tidak jauh dari rumah saya, sehingga hampir setiap hari saya melihat banyak pegawai ACC yang lewat depan rumah saya. Baik saat mereka berangkat kerja, waktu makan siang dan saatnya pulang kerja. Bahkan banyak dari mereka yang berasal dari luar daerah dan hanya datang untuk training beberapa minggu di ACC, sehingga nampak wajah-wajah baru lewat di depan rumah saya. Hal ini karena rumah saya kebetulan di pinggir jalan, sehingga dengan mudah bisa mengenalinya. Sesekali ada juga yang mampir ke rumah untuk laundry baju-baju, makanya saya jadi tahu kalau mereka bekerja di ACC.
Saya sendiri pada awalya tidak tahu kalau ACC itu merupakan perusahaan leasing. Suatu saat ketika saya mau membayar asuransi, saya datang ke ACC karena Bank tersebut membuka cabang disana. Maka kesempatan bua saya untuk menanyakan ke petugas Security, "kok ramai banget ini ada apa, pak?" Petugas Security nya pun menjawab pertanyaan saya, kalau mereka itu mau leasing kendaraan dan sebagian lagi mau bayar cicilannya." Ooalah saya baru tahu mereka bisa lease kendaraan disini ya.

Untuk menunjang programnya, ACC sering memberikan training beberapa minggu kepada pegawai-pegawainya dari berbagai daerah. Dan pegawai yang sedang ditraining itu banyak yang tinggal sementara (kost) tidak jauh dari rumah saya. Sehingga hampir setiap hari saya melihat banyak pegawai dari ACC yang lalu lalang depan rumah. Itu sebabnya saya tidak tahu kalau ternyata ada situs dan aplikasi tersendiri untuk jual beli kendaraan bermotor ini. Jadi wajarlah kalau saya belum pernah membuka situsnya.

Beruntung sekali saya hadir dalam acara peluncuran aplikasi Android Mobil123.com tanggal 12 Desember 2015 kemarin, sehingga bisa menambah wawasan sedikit tentang aplikasi smartphone yang bisa digunakan dalam pencarian jual beli mobil ini.  Tujuan utama diluncurkan aplikasi tersebut adalah dalam rangka memenuhi kebutuhan dan memudahkan para pencari mobil, agar bisa mendapatkan mobil dengan cepat dan anti lelet. Hal ini karena aplikasi android mobil123.com sengaja didesign dengan simple dan tanpa iklan. Dengan demikian, aplikasi ini diharapkan dapat membantu para pelanggan untuk menemukan mobil-mobil impian, baik mobil baru maupun mobil bekas dalam genggaman tangan pelanggan.

Hadir pada acara tersebut tiga nara sumber yang siap untuk membagikan cerita seputar kemajuan era digital yang dihubungkan dengan industri otomotive. Mereka adalah Bapak Budi Prasetyo Soesilo, sebagai Staf Ahli Gaikindo; Bapak Ridlo Putradi, Founder dan CEO Inbound dan yang terahir adalah Joey Casey, sebagai Chief Business Development Officer IcarAsia.

Bapak Budi menjelaskan bagaimana perkembangan industri otomotif di tahun 2015 dan memprediksi tahun 2016. Ditengah melemahnya perekonomian sekarang ini, yang juga dialami di hampir semua negara tidak terkecuali di negara-negara ASEAN, maka beliau pun tanpa muluk-muluk dan tetap menjaga sikap optimisme berharap target di tahun 2016 minimal harus sama dengan tahun 2015.

Hal ini terbukti dengan diselenggarakannya event GIIAS di 3 kota yaitu Jakarta, Surabaya dan Makassar, ternyata pengunjung yang hadir bisa melampui target. Oleh karena itu, event GIIAS diharapkan mampu meningkatkan PDB nasional di sektor otomotive. Sedangkan hubungan digital dengan otomotive, orientasinya lebih ke market driven yang berkaitan antara distribusi dan marketing. Memang surutnya pasar mobil di banyak negara, terutama di negara-negara ASEAN disebabkan oleh melambatnya pertumbuhan ekonomi secara global sehingga berakibat pada melemahnya daya beli masyarakat.

Di acara ini Pak Budi juga menjelaskan bahwa kemajuan ICT yang begitu pesat memberi dampak positif pada perkembangan digital sekarang ini. Tentunya kemajuan yang telah dicapai harus bisa dikomunikasikan dengan fungsi kendaraan. Itu sebabnya perusahaan yang melek teknologi digital akan lebih disenangi konsumen. Mengutip sebuah penelitian oleh JD Power 2015 tahun 2015 menyimpulkan bahwa teknologi menjadi strategi pemasaran mobil. Kesimpulan ini diperoleh berdasarkan pernyataan 30 persen konsumen bahwa teknologi adalah yang menjadi alasan kenapa mereka membeli mobil baru. (Sumber: Teknologi Mobil Menjadi Daya Tarik Marketing, Gaikindo.or.id).

Untuk pembicara yang kedua diisi oleh Bapak Ridlo Putradi, Founder dan CEO Inbound. Beliau dalam pemaparannya lebih menekankan pada bagaimana peran era digital untuk industri otomotif. Menurut beliau saat ini hampir semua perusahaan sudah menggunakan teknologi sebagai market reference, sehingga diharapkan perusahaan bisa lebih dekat dengan pelanggan. Bahkan hampir 65% market reference itu dikuasai oleh sosial media, yang salah saunya adalah Blogger.

Ada juga sebuah penelitian dari Arianne Walker, Direktur Senior Media dan Pemasaran Otomotif pada 30 Juli 2015 yang lalu menyatakan bahwa beliau sedang membidik para pencari teknologi dengan pesan yang tepat merupakan strategi penting agar pemasaran efektif menjangkau konsumen yang pada akhirnya membeli mobil baru karena teknologi.

Menariknya dari temuan ini adalah tidak ada batasan demografi. Memang tidak semua anak muda peduli teknologi dan tidak hanya anak muda yang peduli teknologi. Dengan demikian siapa pun dan dimana pun bisa peduli teknologi. Namun konsumen yang mencari teknologi terkini cenderung banyak membaca media, baik itu media elektronik, TV dan juga majalah. Itulah yang membuat mereka banyak menghabiskan waktu menjelajah internet, lebih lama menonton TV dan membaca majalah lebih banyak dibandingkan dengan konsumen yang tida terlau mempertimbangkan fitur teknologi. Hampir 70% konsumen mobil baru menyebutkan mereka menggunakan situs web atau aplikasi media sosial, dimana facebook dianggap sebagai media sosial terpopuler, disusul LinkedIn dan Pinterest. (Sumber: Teknologi Mobil Menjadi Daya Tarik Marketing, Gaikindo.or.id)

Saat ini memang hanya perusahaan yang memiliki delivery service yang bisa memberikan kepuasan kepada customer. Namun dalam memasuki era digital, ada beberapa hal yang perlu disikapi antara lain  market acqutition, social, search, display dan email direction. Sedangkan untuk aplikasi Mobil123.com, mengambil bagian pada "search" atau Fitur Pencarian. Dengan demikian masyarakat bisa dengan mudah menemukan jenis kendaraan yang diinginkan, yaitu dengan cara memasukkan kriteria yang diinginkan seperti harga, tahun, lokasi, jarak tempuh dan sebagainya.

Semua itu dibuat untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan konsumen akan kendaraan untuk memperlancar kegiatan sehari-hari. Maka iklan offline dan online harus diberdayakan semua, karena masing-masing mempunyai segmen pasar sendiri-sendiri yang diharapkan saling melengkapi satu sama lain. Untuk sementara waktu, iklan offline atau konvensional masih harus dipertahankan, karena masyarakat Indonesia itu unik. Lambat laun karena semua akan beralih ke digital, maka iklan online akan lebih dominan nantinya.

Itulah sebabnya dalam perkembangan era digital yang demikian pesat sekarang ini, setiap bisnis yang ingin bisa bertahan mau tidak mau harus melakukan penyesuaian. Tujuannya agar bisa menjangkau konsumen yang lebih jauh dan bisa bersaing dengan kompetitornya. Tentunya yang diutamakan tetap pada content, mobile penetration dan akuisisi pasar, karena perusahaan menjadi lebih dekat  pada kelompok masyarakat yang bersentuhan dengan social media.

Untuk nara sumber yang ketiga atau terakhir diisi oleh Joey Casey, sebagai Chief Business Development Officer IcarAsia. Dalam penjelasannya beliau lebih banyak menjelaskan secara ringkas fitur-fitur yang ada di aplikasi Android Mobil123.com. Dia berharap para pengguna atau pencari kendaraan bisa mendapatkan kendaraan yang diidam-idamkan sesuai dengan kemampuan.



Inilah Aplikasi Android Mobil123.com (doc: pribadi)

Sebagai contoh dengan fitur "Bandingkan", maka konsumen akan dengan mudah membandingkan mobil-mobil pilihan secara berdampingan. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengguna android melihat perbandingan beberapa mobil sekaligus. Oleh karena itu apabila kita ingin mencari kendaraan perlu disesuaikan dengan budget yang ada, jenis kendaraan, tahun produksinya maupun jarak/kilometer yang diinginkan. Dengan demikian, konsumen akan memperoleh mobil sesuai dengan apa yang diinginkan.

Inilah yang membuat mobil123.com menjadi situs terbesar dan terpecaya. Makanya tidak aneh kalau situs mobil123.com merupakan portal otomotif nomor 1 di Indonesia yang mempertemukan antara pembeli dan penjual. Bayangkan untuk mobil yang dijual dan mobil murah saja, tersedia lebih dari 100.000 iklan mobil yan dilisting dalam situ tersebut.

Berbagai fitur lainnya yang tersedia dalam aplikasi Andriod ini, seperti "Mobil Dijual", "Mobil Murah", dan "Kalkulator Pinjaman". Disamping itu juga tersedia fitur "Menyimpan/bookmark", yaitu untuk mobil yang sedang diminati, sehingga mudah untuk ditemukan kembali nantinya.

Dengan semakin pesatnya pertumbuhan pengguna smartphone di Indonesia, Mobil123.com terus berupaya berinovasi untuk memenuhi kebutuhan para pencari mobil. Maka aplikasi ini diharapkan menjadi salah satu solusi buat pelanggan yang memiliki mobilitas yang sangat tinggi. Sementara pagi para calon pembeli yang ingin membeli mobil secara kedit bisa dengan mudah menghitung angsuran down payment (DP) dengan menggunakan fitur "Kakulator pinjaman." Diharapkan dengan tampilan yang sederhana dan mudah digunakan ini, aplikasi mobil123.com bisa memperkaya pengalaman dalam mencari mobil dimana dan kapan pun.


Joey Casey dan PC Gan berpose setelah acara diluncurkan 
(doc: pribadi)

Acara peluncuran yang dilakukan secara simbolis dengan  memencet tombol tirai yang berisi aplikasi Android Mobil123.com, dilakukan oleh Joey Casey dan PC Gan. Sirine kemudian berbunyi dan tersingkaplah tirai putih di sudut panggung. Dengan terbukanya tirai itu, maka resmilah aplikasi mobil123.com secara resmi sudah diluncurkan.

Kini aplikasi Mobil123.com sudah bisa diunduh secara gratis dengan menggunakan Google Play dengan tautan berikut:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mobil123.www

Kehadiran aplikasi ini, semakin memudahkan pertemuan antara penjual dan pembeli dalam satu platform, sekaligus menghadirkan pengalaman jual beli terbaik, terlengkap dan terpercaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar