Sabtu, 07 November 2015

Enam Kebiasaan Rutinku di Pagi Hari

Ilustrasi Self Discipline (doc: naqsdna.com)

Melakukan kegiatan sehari-sehari memang seperti menjadi suatu hal yang rutin kalau kita mau mencermati satu-satu. Bisa hal itu sengaja dilakukan, karena sudah biasa, yang akhirnya menjadi kebiasaan. Ada juga yang menyengaja untuk dilakukan agar bisa menjadi suatu kebiasaan yang baru.

Tapi ada juga yang suka-suka saja mengerjakan sesuatu di pagi hari. Jadi biarpun tidak dikerjakan tidak menjadi masalah, karena cuma sekedar melakukannya. Kalau yang sudah menjadi rutinitas ini, yang akhirnya membuat ketagihan kalau tidak dilakukan. Istilah kerennya ada sesuatu yang hilang atau kurang lengkaplah aktivitas sehari-harinya.

Inilah beberapa kegiatan yang biasa aku lakukan:
1. Mandi pagi
Ini kebiasaan baru yang sengaja aku coba untuk menjadi rutinitas sehari-hari. Aku berusaha mandi pagi setiap hari sekitar pukul 4 pagi atau sehabis bangun tidur, biar pikiran dan otakku terasa segar. Tidak hanya itu,  sekalian kepala dibasahin. Maka mengalirlah air dingin dari kepala langsung ke seluruh tubuh, membuat mataku yang sebel menjadi terbelalak. Tidak pakai air hangat lho, tapi air yang sudah aku siapkan di bak mandi.

Apalagi dalam musim panas ini setiap bangun pagi badan terasa sekali gerahnya. Dengan mandi pagi-pagi membuat badanku terasa fresh dan nyaman untuk melaukan kegiatan yang lainnya. Habis itu aku mau belanja atau keluar untuk membeli perlu sesuatu, badanku pun sudah bersih. Jadi tidak perlu repot, harus mandi dulu.

2. Minum kopi atau teh ditemani dengan buah-buahan (pepaya, semangka, buah naga, dll) 
Ini kegiatan rutinku yang kedua, habis mandi dan shalat Shubuh aku buru-buru membuat minuman untuk menghangatkan badan. Tidak masalah itu mau minum kopi atau teh. Tapi seringnya memang minum kopi di pagi hari. Untuk teman minum kopi seringnya buah-buahan, baik itu buah naga, semangka, pepaya atau seadanya buah. Pokoknya tidak ada hari tanpa makan buah setiap pagi dan harinya. Itu sekaligus sebagai pengganti makan ringannya. 

3. Baca Koran Online dan email
Kebiasaan lainnya adalah membaca koran online atau membaca email sambil minum kopi/teh di pagi hari. Sebelum selesai minum biasanya aku tidak berganti ke yang lain. Koran yang sering aku baca antara lain: Detik, Kontan, Kompas, Merdeka, Republika dan Kompasiana. Sekilas saja bacanya, tapi baca headline nya dulu baru kemudian baca serius kalau dirasa perlu. Kalau tidak, yaa dilompati saja. Yang penting sudah tahu berita yang sedang hangat dibicarakan hari itu.

4. Mengaji
Kebiasaan mengaji atau membaca Al Qu'an juga selalu aku coba lakukan untuk di pagi hari. Memang tidak mesti sehabis shalat langsung mengaji. Kadang baca koran online dulu sana sini ditemani minum kopi. Baru kemudian aku mengaji, karena aku tidak suka minum kopi sambil mengaji. Tapi kalau minum nyambi baca koran atau baca email, memang sering banget aku lakukan.

5. Sarapan
Acara rutin lainnya di pagi hari adalah sarapan. Tidak perlu harus yang fancy buat sarapannya, tapi harus makan pagi itu iya. Itu diluar kebiasaan makan buah dan minum kopi/teh di pagi hari.Kadang sarapan pakai nasi plus sayur, kadang roti, ubi rebus. Kalau terpaksa tidak ada nasi, yaa beli nasi uduk atau lontong sayur. Yang penting sarapan itu harus.

6. Olah Raga 
Kebiasaan ini masih angot-angotan, tapi mencoba untuk ditelatenin buat menjadi kebiasaan. Seringnya saya jalan kaki di lapangan belakang, sekalian belanja pulangnya. Sayangnya kalau ada rencana mau pergi, akhirnya olah raganya dialihkan ke tempat lain. Saya takut kecapekan kalau kebanyakan olah raga, malah tidak jadi pergi. Yang penting masih tetap bisa berolah raga, tinggal penempatannya yang disesuaikan dengan tujuan hari itu.

Bagaimana menurut Anda? Sekedar berbagi aktivitas di pagi hari. Semoga bermanfaat.

Salam sehat dan selamat beraktivitas,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar